Incar Dana IPO Rp879,914 Miliar, Ancara Logistics Indonesia Tawarkan 3,165 Saham ke Publik

Thursday 18 Jan 2024, 11 : 42 pm
IPO
ILustrasi

JAKARTA-PT Ancara Logistics Indonesia Tbk (ALII), calon emiten di bidang jasa pengangkutan laut dan transshipment, serta intermediate stockpile melalui perusahaan anak berencana melakukan penawaran umum saham perdana atau intial public offering (IPO) sebanyak 3,165 miliar saham.

Direksi ALII, dalam propesktus rencana IPO saham, dikutip Kamis (18/1/2024) menyebutkan, jumlah saham yang ditawarkan tersebut mencapai 20% dari modal disetor ALII setelah IPO saham.

Penawaran umum saham ALII dilakukan pada 1-5 Februari  2024.

Sedangkan penjatahan saham ALII, dan distribusi saham secara elektronik dilakukan pada 5 dan 6 Februari 2024.

Adapun pencatatan saham MPIX di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 7 Februari 2024. Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek adalah PT Ciptadana Sekuritas Asia dan PT Samuel Sekuritas Indonesia.

Menurut Direksi, harga perdana saham ALII di kisaran Rp268-Rp278 per unit.

Dengan demikian, emiten jasa pengangkutan laut dan transshipment, serta intermediate stockpile itu berpeluang mendapat tambahan modal sebesar Rp879,914 miliar.

Dana hasil IPO setalah dikurangi biaya-biaya emisi, sebesar 75% akan digunakan untuk memberikan pinjaman kepada Perusahaan anak, yaitu Mahakan Coal Terminal (MCT), dimana dana tersebut akan digunakan oleh MCT untuk pembayaran sebagian atau pelunasan pokok utang MCT kepada OCP Asia Fund IV (SF 1) Pte. Limited dan OCP Asia Fund V (SF 1) Pte.

Sedangkan sisanya 25% untuk keperluan belanja modal Perseroan.

Di tinjau dari sisi keuangan, Perseroan mencatat kinerja keuangan cukup solid setidaknya hingga Agustus 2023.

Pencapaian kinerja Perseroan tersebut, antara lain tercermin dari pencapain pendapatan mauapun laba yang cukup signifikan.

Pada Januari-Agustus 2023, ALII membukukan pendapatan sebesar Rp662,88 miliar, naik 73,98% dari Rp381,04 miliar pada Januari-Agustus 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Soal Cawapres Ganjar, Said Abdullah: Itu Kewenangan Ibu Ketum dan Partai Koalisi

JAKARTA-Teka-teki seputar siapa kandidat calon bakal wakil presiden (cawapres) dari

Lifting Gas Bumi Capai Target APBN-P

JAKARTA-Lifting gas bumi menunjukkan kinerja menggembirakan dengan realisasi hingga Oktober