INDY Bidik Kontribusi Non Batubara Sebesar 50%

Thursday 17 Dec 2020, 11 : 21 pm
by
Ilustrasi

JAKARTA-PT Indika Energy Tbk (INDY) mengaku, pada tahun depan perseroan akan lebih terkonsentrasi untuk bertransformasi dari bisnis inti batubara menuju perusahaan dengan portofolio bisnis yang terdiversifikasi, sehingga sebesar 50 persen pendapatan bisa berasal dari sektor non-batubara.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Wakil Direktur Utama INDY, Azis Armand saat Public Expose virtual di Jakarta, Kamis (17/12).

“Kami ingin bertransformasi dari fokus di batubara menjadi perusahaan dengan portofolio terdiversifikasi. Sebesar 50 persen pendapatan bisa dari non-batubara pada lima tahun mendatang,” ucap Azis.

Dia menyebutkan, salah satu investasi diversifikasi INDY dilakukan dengan membangun dan mengoperasikan terminal penyimpanan bahan bakar untuk ExxonMobil di Kalimantan Timur, dengan nilai proyek sebesar USD115 juta yang sumber dananya berasal dari pinjaman bank dan ekuitas.

Selain itu, lanjut Azis, INDI melakukan investasi diversifikasi di proyek tambang emas Awak Mas di Sulawesi Selatan, dengan total biaya proyek mencapai USD150 juta-200 juta.

Proyek yang ditargetkan berproduksi pada 2022 atau 2023 ini memiliki potensi sumber daya sebesar 2,35 juta ons, potensi cadangan sebesar 1,5 juta ons.

Guna mendukung rencana jangka menengah dan panjang ini, jelas Azis, INDY akan berupaya menjaga kualitas aset dan menekan besaran liabilitas.

Sehingga, pada 2024-2025 tidak ada lagi total kewajiban signifikan yang jatuh tempo.

“Maka, hal ini akan mendukung kegiatan operasional kami dan kami bisa fokus untuk mencapai pendapatan di 2025 sebesar 50 persen dari non-batubara,” paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Jelang Masa Keketuaan Malaysia di 2020, APEC Tetapkan Tiga Prioritas

MALAYSIA-Forum Kerja Sama Ekonomi di Kawasan Asia-Pasifik (APEC) menetapkan tiga

Mooy: BI Tak Perlu Tergesa-gesa Muluskan Akuisisi DBS-Danamon

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) diminta agar tidak perlu tergesa-gesa memuluskan rencana