Inflasi April 2019 Terkendali

Thursday 2 May 2019, 10 : 43 pm
by
Ilustrasi

Lebih lanjut, dia mengatakan inflasi kelompok administered prices juga meningkat. Kelompok administered prices pada bulan April 2019 mencatat inflasi sebesar 0,16% (mtm), sedikit meningkat dibandingkan dengan inflasi bulan lalu sebesar 0,08% (mtm).

Inflasi kelompok administered prices terutama bersumber dari tarif angkutan udara dan rokok kretek filter, sedangkan tarif listrik kembali mengalami deflasi.

“Secara tahunan, kelompok administered prices mencatat inflasi sebesar 3,17% (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya sebesar 3,25% (yoy),” tuturnya.

Inflasi inti pada April 2019 tetap terkendali. Inflasi inti tercatat sebesar 0,17% (mtm), tidak banyak berbeda dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya sebesar 0,16% (mtm). Komoditas utama penyumbang inflasi kelompok inti ialah tarif kontrak rumah, tarif sewa rumah, dan mobil.

Secara tahunan, inflasi inti tercatat sebesar 3,05% (yoy), juga tidak banyak berubah dibandingkan dengan inflasi bulan lalu sebesar 3,03% (yoy).

“Inflasi inti yang terkendali tersebut tidak terlepas dari konsistensi kebijakan BI dalam mengarahkan ekspektasi inflasi, termasuk dalam menjaga pergerakan nilai tukar sesuai fundamentalnya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

satgas waspada iinvestasi

Satgas Waspada Investasi Temukan Lagi 125 Fintech Ilegal

JAKARTA-Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan

Soal Bacawapres Ganjar, Megawati: Kalau Sudah Datang Perlunya, Akan Diumumkan

SURABAYA-Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan