Investor Lokal Siap Bangun Run Away III Bandara Soetta

Monday 15 Sep 2014, 11 : 58 am
beritaenam.com

JAKARTA-Operator Bandara Soekarno Hatta, PT Angkasa Pura (AP) II mengaku rencana proyek pembangunan landasan pacu III (run away) dan Terminal IV terhambat ketersediaan dana. Masalahnya, dana yang dibutuhkan mencapai Rp20 trliun. “Dengan dana internal kami tidak bisa. Untuk pinjam dana dari luar juga terbatas,”  Direktur Keuangan AP II, Laurensius Manurung, Jakarta, Senin, (15/09/2014).

Menurut Manurung, target pembebasan lahan sekitar 13 bulan. Sementara pengerjaan runway ketiga dan Terminal IV memakan waktu tiga tahun. “Kita terus cari solusi agar proyek ini tetap berjalan. Salah satu caranya adalah  dengan menggandeng pihak ketiga, misalnya pemerintah, swasta, atau badan usaha milik negara (BUMN),” terangnya.

Diakui Manurung,  upaya berkongsi dengan pihak ketiga itu sudah mendapat restu pemerintah. Kini, banyak investor lokal maupun asing yang telah menyatakan minatnya bekerjasama dengan AP II. Rencananya, proses penunjukan investor atau mitra strategis tersebut dilakukan tahun depan.

AP II memproyeksikan, kehadiran Terminal IV dan runway ketiga akan meningkatkan kapasitas Bandara Soekarno Hatta menjadi 100 juta penumpang setahun. Tahun ini, bandara yang terletak di kawasan Tangerang, Banten, ini bakal melayani 72 juta penumpang. Pada 2020, perkiraan, Laurensius, jumlah penumpang di Bandara Soekarno Hatta bisa mencapai 100 juta orang. “Kalau dapat investor tahun depan, pembangunan bisa dimulai. Dan, seharusnya di tahun 2019 sudah bisa beroperasi,” imbuhnya

Pemerintah berharap, dengan kehadiran runway ketiga dan Terminal IV, frekuensi penerbangan di Bandara Soekarno Hatta yang saat ini baru 64 penerbangan per jam bisa meningkat menjadi 86 penerbangan per jam. Maklum, lapangan terbang terbesar di negara kita ini masuk 10 besar bandara paling sibuk di dunia versi Airport World. Tahun 2013, jumlah penumpang di Bandara Soekarno Hatta mencapai 62 juta atau meningkat 3,5% dibanding tahun 2012.  Setiap hari, bandara ini mengoperasikan 1.200 penerbangan dari 44 maskapai asing dan 19 maskapai lokal. (ek)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Nasabah Datangi OJK Mencari Keadilan

JAKARTA-Polemik antara Bank Ekonomi dengan Nasabah Sanny Suharli yang terjadi

September 2017, Elektrifikasi Lampaui Target 92,75%

JAKARTA-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat rasio elektrifikasi