Jadwal KPU Terpengaruh Pembahasan RUU Pilkada

Tuesday 26 Apr 2016, 6 : 37 pm
by
Komisioner KPU Juri Ardiantoro

JAKARTA – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Juri Ardiantoro menegaskan tahapan pilkada serentak gelombang kedua 15 Februari 2017 dapat terganggu.

Apalagi mundurnya target penyelesaian revisi UU No.8 tahun 2015 tentang (UU Pilkada) yang sedang dibahas DPR bersama pemerintah.

“Kalau April belum bisa selesai, ya bagaimana? Belum lagi untuk bisa diundangkan masih membutuhkan waktu pengesahan dari Presiden,” kata dalam diskusi Forum Legislasi di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (26/4/2016).

Kendati belum mendapat kepastian tentang penyelesaian revisi UU Pilkada, kata Juri, KPU tidak akan mempersoalkannya karena sejumlah Peraturan KPU (PKPU) akan dibuat dengan merujuk pada UU lama.

“Memang butuh  waktu, bisa Mei, bisa akhir Mei, atau bahkan akhir Juli. Siapa tahu? Jadwal yang dibuat KPU akan mundur tahapannya, pasti ada pengaruhnya dalam persiapan pilkada serentak 2017,” ujarnya.

Baca juga :  Daftar di DPW PAN NTT, Orias Petrus Moedak dan Sebastian Salang Usung Tagline 'Jangan Mencuri'

Kendati demikian, sambung aktivis Gerakan Pemuda Ansor, para komisioner KPU sudah bersepakat bahwa sepanjang UU Pilkada baru hasil revisi belum dilahirkan, maka UU yang ada sekarang tetap menjadi rujukan dalam merancang tahapan 2017 nanti.

Sebagai penyelenggara pemilu dan pilkada, Juri menjelaskan KPU berada dalam posisi pengguna, karena Undang-Undang menjadi domain DPR dan Pemerintah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Wahyudi Belum Sah, Muscam KNPI Bekasi Utara Segera Dilanjut

BEKASI – Ketua DPD KNPI Kota Bekasi, Benny Surya mengatakan

TPDI: 8 Hakim MK Tak Punya Nyali Lawan Paman Usman

JAKARTA – Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) menilai 8 Hakim