Jatim Pasti Menang Hadapi MEA

Friday 27 Mar 2015, 11 : 29 pm
by

MALANG-Gubernur Jawa Timur (Jatim), Soekarwo memastikan wilayah Jatim siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di akhir 2015. Karena itu, Pakde Karwo, demikian tokoh ini disapa optimis Jatim pasti menang.

Pernyataan tersebut disampaikan Pakde Karwo, saat memberikan paparan tentang kesiapan Jatim dalam menghadapi MEA yang mulai diberlakukan pada akhir tahun 2015, didepan aktivis dan 112 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) seluruh Indonesia wilayah Jatim pada acara Open House EM UB Workshop Aktivis di Auditorium Universitas Brawijaya (UB) Malang, beberapa waktu lalu.

Menurut Pakde, agar Jatim menang dalam menghadapi Ekonomi Global maka yang harus dilakukan oleh semua elemen baik stake holder, mahasiswa maupun masyarakat adalah jangan lupa dengan budaya lokal. Sebab, dengan tetap memegang teguh budaya lokal maka kita sebagai bangsa dan warga negara Indonesia serta warga Jawa Timur khususnya masih bisa bersaing dengan bangsa lain. “Sebagai contoh kecil tapi konkrit dan nyata, kita jangan ikut-ikutan makan yang serba cepat saji ( KFC). Tapi buatlah makanan yang sama yakni ayam goreng namun sambalnya bukan sambal yang sudah jadi ( sbotolan/shacetan) tapi harus dibuatkan dulu yakni diolek. Karena yang begini ini masih mempunyai nilai lokal atau mistik/ keunikan tersendiri. Yang unik seperti ini yang harus kita kemas dan kita jual. Karena hal seperti yang dilakukan masyarakat Indonesia umumnya dan jatim khususnya, tidak ditemukan di negara lain,” terangnya.

Selain sambal uleg, lanjut Pakde, makanan khas Jatim yakni rujak cingur, pecel, rempeyek, tahu tek atau lontong balap dan masih banyak lagi lainnya. Itu harus dikemas sedemian rupa sehingga orang luar bisa tahu, terus ingin mencicipi dan akhirnya membeli terus bisa ketagihan kalau lama tidak mengkonsumsinya atau memakannya. “ Hal seperti ini adalah tugas dari anak-anak muda yakni para mahasiswa yang merupakan aset bangsa dimasa depan. Karena mahsiswa adalah SDM yang mumpuni dan inteletual serta mempunyai jiwa patriot yang tinggi demi menjunjung tingga martabad bangsa,” pintanya.

Cara mengemasnya bisa difoto terus di masukkan bloc atau twiter dan disebarkan via internet. Pasti butuh waktu lama gambar-gambar yang disebarkan tadi sudah mendapat comen atau balasan dari teman atau kawan baru. Dan setelah melihat gambar atau foto via layanan IT tadi pasti ada pertanyaan dan tentang apa dan bagamana terus dimana alamat atau supaya bisa membeli atan mendapatkannya. Ini adalah gambaran dan dorongan agar BEM jatim termotivasi serta tergugah untuk membantu para UKM yang masih banyak membutuhkan uluran tangan dari SDM yang mumpuni. Yakni mahsiswa yang banyak kreativitas dan pikiran-pikiran cerdasnya untuk memberikan solusi cerah pada masyarakat jatim.

Dia menegaskan MEA bukan hambatan tapi merupakan sebuah tantangan yang harus dihadapi. Hal ini sekaligus merupakan peluang bagi pembisnis- pembisnis tangguh. Oleh sebab itu, saat ini Pemprov. Jatim siap menghadapi MEA akhir 2015 anatara lain dengan mistikisasi dalam pasar global, yakni dengan menjual makanan atau budaya khas/lokal tetap dipertahankan keaslinnya. Karena Jatim merupakan kawasan yang geografisnya bagus, dan letaknya persis di tengah. Sehingga memiliki potensi pasar tunggal dengan berbasis produksi.

Jawa Timur yang memiliki luas wilayah 47,154 Km2 yang terbagi dalam 38 Kab/Kota dengan 655 kecamatan serta 8.499 Desa, maka jatim merupakan potensi yang luar biasa baik dan bagus karena ditunjang dengan SDM yang luas biasa besar yakni 38 Jta jiwa dengan laju pertumbuhan penduduknya 0,659 % yakni kurang dari 1 persen serta usia suburnyapun sangat rendah yakni 1,75 % dibawah nasional. Didukung oleh stabilitas Jatim yang sangat baik, ini sangat penting untuk demokrasi karena ketenangan dan kedamaian sangat dibutuhkan dalam kontribusi pertumbuhan eknomi di Jatim.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Debat Capres Mampu Kurangi Golput

JAKARTA- Debat capres kedua pada Minggu (17/2/2019) diprediksi memiliki dampak

Gandeng Gapensi, Jamkrindo Terbitkan Suretybond

TANGERANG-Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) menerbitkan Suretybond dan kontra Bank