Jatim Sumbang 32% Bagi Pertumbuhan Koperasi Nasional

Wednesday 4 Dec 2013, 10 : 00 pm
by

SURABAYA-Kontribusi sektor perkoperasian di Jawa Timur (Jatim) terhadap pertumbuhan perkoperasian secara nasional mencapai 32%. Dibanding provinsi lain yang hanya rata-rata 15%, perkoperasian di Jatim memegang peranan utama terhadap pertumbuhan koperasi secara nasional. “Dari total 33 provinsi di Indonesia Jawa Timur masih merupakan satu-satunya provinsi yang sektor perkoperasian dan UMKM-nya memiliki peran penting dalam memajukan perekonomian daerah. Dari sejumlah penilaian, sektor koperasi di Jawa Timur merupakan peringkat satu dan memiliki peran utama dalam mendukung ekonomi kerakyatan jika dibanding 33 provinsi lainnya,” ujar Wakil Gubenur Jawa Timur, Saifullah Yusuf saat membuka Expo Koperasi dan UMKM 2013 di Grand City Convex Surabaya, Rabu (4/12).

Hadirnya program Koperasi Wanita (Kopwan), Koperasi Karyawan (Kopkar) yang keduanya lahir difasilitasi pemerintah, menurut Saifullah Yusuf  yang akrab disapa Gus Ipul ini adalah bukti bahwa pemerintah provinsi Jawa Timur sangat mendukung keberadaan ekonomi berbasis kerakyatan ini. Ini juga sekaligus sebagai bukti mengembalikan kedaulatan ekonomi sepenuhnya bagi rakyatnya.

Kontribusi sektor ini mencapai 57% dari PDRB Jawa Timur sebesar Rp 884 triliun. Sumbangan koperasi dan UMKM pada perekonomian Jatim sangat besar, mencapai lebih Rp 600 triliun. Semua pihak harus terus mengamankan kontribusi yang cukup besar terhadap perekonomian Jatim melalui even tahunan ini. Sedangkan alokasi dana yang digelontorkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk pemberdayaan koperasi dan UMKM juga tidak kalah besar yaitu sekitar Rp 1,3 triliun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Bank Dunia Gelontorkan Dana US$500 Juta Dukung Vaksinasi Indonesia

WASHINGTON-Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia menyetujui pendanaan sebesar US$500 Juta

Gejolak Ekonomi, Presiden Ingatkan Menteri Hati-hati dan Waspada

JAKARTA-Meskipun kondisi ekonomi Indonesia saat ini jauh lebih baik jika