Jokowi: Generasi Y Ubah Landscape Politik Ekonomi Global

Sunday 23 Jul 2017, 11 : 19 am
by

YOGYAKARTA-Presiden Joko Widodo mengatakan generasi Y atau dikenal generasi millenium akan berperan besar dalam mengisi berbagai perubahan terutama dalam segi teknologi yang melanda dunia secara global. Jika tidak dipersiapkan sejak dini bangsa Indonesia yang begitu besar ini akan tertinggal dengan bangsa lain.

“Bahwa 5, 10, 15 tahun lagi akan muncul nanti yang namanya Generasi Y. Artinya, anak-anak sekarang yang berumur 10 tahun, berumur 15 tahun, berumur 20 tahun itu akan masuk ke zaman itu. Generasi Y ini akan sangat mempengaruhi pasar, landscape politik ekonomi global, nasional, maupun daerah,” kata Presiden Jokowi pada pembukaan Rapat Koordinasi Pimpinan Nasional (Rakorpimnas) Tahun 2017 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), di Hotel Sahid Jaya, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (22/7).

Perubahan, kata Jokowi, tidak bisa lagi ditolak. Perkembangan teknologi yang begitu cepat bisa merubah tatanan sosial dan masyarakat. Untuk itu, Jokowi berpesan agar para guru mengantisipasi begitu cepatnya perubahan yang ada.  Mereka akan mempengaruhi landscape ekonomi global, nasional, maupun nanti di daerah.

Mereka, lanjut Presiden, sudah tidak membaca koran lagi nanti, 5 tahun-10 tahun yang akan datang, tidak akan lihat TV lagi. “Mereka akan klik, pengen baca apa entah di dot apa, online.com. Mereka akan lihat, TV enggak mau, lihat Netflix, mereka pilih video-video yang mereka sukai. Dimanapun berada hanya dengan smartphone, dengan gawai yang dia punya,” imbuhnya.

Menurut Kepala Negara, perubahan seperti ini yang harus disadari. Karena ini masa transisi yang akan mengubah, dan tidak bisa diperkirakan akan terjadi apa.

“Oleh sebab itu harus, sekali lagi harus kita antisipasi. Siapa yang bisa menyiapkan ini? Siapa yang bisa mengantisipasi ini? Bapak/Ibu Guru sekalian, Ibu dan Bapak sekalian yang hadir di sini,” tutur Kepala Negara.

Kepala Negara mewanti-wanti, jangan sampai arus perubahan itu mengubah sosial budaya, karakter anak-anak kita. ”Bapak/Ibu guru, sangat berperan dalam menyiapkan ini,” ujarnya.

Oleh sebab itu, dalam Rakorpimnas PGRI ini Presiden Jokowi mengaku sengaja hadir untuk mengingatkan itu.

“PGRI sangat berperan sekali dalam menyiapkan, mengantisipasi itu. Karena pendidikan adalah jalan panjang dari sebuah bangsa untuk menjawab tantangan-tantangan yang ada dalam membangun martabat bangsa ini,” ujar Presiden Jokowi.

“Sekali lagi, ini adalah peran-peran guru,” tegas Presiden Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

suspensi, BEI, Saham HITS, KJEN

Harga Naik tak Wajar, BEI Pantau Perkembangan Pola Transaksi URBN

JAKARTA-PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengaku sedang memantau perkembangan pola
BPIP APRESIASI DISKUSI PANCASILA DI ITALIA

BPIP Apresiasi Diskusi Pancasila di Italia

JAKARTA-Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) akan mempercepat kerjasama dengan berbagai