KASAD Dudung Panen Jagung di Sukabumi, PT Wilton Berikan Dukungan dan Apresiasi

Saturday 13 Aug 2022, 8 : 15 pm
by
Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI, Dudung Abdurachman melaksanakan panen raya Jagung Kampung Cibinong, Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022).

SUKABUMI-Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI, Dudung Abdurachman melaksanakan panen raya Jagung Kampung Cibinong, Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022).

KASAD Dudung didampingi Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Bupati Sukabumi yang diwakili Wakil Bupati Iyos Somantri.

Kegiatan ini sebagai wujud program Ketahanan Pangan TNI AD dengan memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif.

Selain panen jagung, KASAD Dudung juga meresmikan 100 titik sumber air bersih guna menjaga Ketersediaan Air melalui program Manunggal Air.

KASAD Dudung Abdurachman mengatakan kegiatan ini merupakan implementasi Instruksi Presiden RI Joko Widodo, bahwa Covid-19 berdampak pada ekonomi.

“Pesan dari beliau agar membantu pemerintah dalam rangka mensejahterakan masyarakat. Untuk mengantisipasi krisis pangan maka TNI AD menanfaatkan lahan-lahan tidur untuk ditanami jagung, gandum, padi dan sebagainya, hasil panen jagung itu akan diberikan kepada masyarakat setelah dipotong biaya operasional,” ujarnya.

“TNI AD dimanapun bertugas harus hadir di tengah-tengah kesulitan rakyat, apapun kesulitannya dan harus menjadi solusi karena itu sebagai bukti nyata TNI hadir untuk mengatasi kesulitan-kesulitan masyarakat,” tambahnya.

Secara nasional, TNI AD menargetkan sekitar 7.675,61 Ha lahan Ketahanan Pangan di seluruh jajaran Kotama TNI AD untuk ditanami berbagai komoditas pangan.

Pada kesempatan panen Jagung ini KASAD Dudung juga menjelaskan dari luas lahan 1.140 Ha di Ciemas sudah terbuka 380 Ha dan sudah tertanam jagung seluas 173.3 Ha.

“Program ini akan terus berlanjut,” terangnya.

Hasil panen jagung perdana saat ini diperkirakan mencapai sekitar 322 ton jagung.

Pada kesempatan tersebut KASAD Dudung juga meresmikan 100 titik sumber air di seluruh Indonesia yang dapat dimanfaatkan oleh 109,991 kepala keluarga atau 389.538 jiwa untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Hingga saat ini titik sumber air bersih yang sudah dibangun TNI AD mencapai 640 titik yang terdiri dari 304 Pompa Hidram, 263 sumur bor dan 73 titik gravitasi.

Dalam sambutannya KASAD Dudung menyampaikan, TNI AD telah mencanangkan Program Manunggal Air untuk menjamin ketersediaan air di wilayah yang kesulitan mendapatkan air bersih.

“Sampai dengan saat ini TNI AD sudah banyak membangun titik-titik pompa air di seluruh wilayah Indonesia, semoga dapat memenuhi kebutuhan air masyarakat serta pertanian di wilayah susah air,” ujarnya.

KASAD Dudung juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Cibinong Sukabumi dan seluruh lapisan masyarakat di manapun berada termasuk pihak PTPN VIII yang telah ikut mendukung dalam menyukseskan program pemerintah dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan secara kerja sama dengan TNI AD.

Sementara itu, Bupati Sukabumi yang diwakili Wakil Bupati Iyos Somantri mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada KASAD, Pangkostrad dan segenap jajaran TNI AD khususnya Kostrad yang telah menginisiasi membangun pompa hidram dan sumur bor di wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Kami berterima kasih kepada KASAD Dudung yang terus membantu masyarakat melakukan terobosan baru seperti ini. Dan ini sangat luar biasa,” imbuhnya.

Dia mengatakan pompa hidram tersebut sangat membantu masyarakat Ciemas.

Karena berkat pompa hidram, kebutuhan air bersih bisa terpenuhi.

Sebelum ada bantuan Pompa Air jelasnya, sistem pertanian mengandalkan sistem tadah hujan.

“Satu tahun satu kali tanam, disamping itu kegiatan ini untuk memacu semangat kepada kelompok tani untuk terus kreatif dan berinovasi,” tuturnya.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pemberian bantuan Solar cell 50 unit, dan sanitasi MCK 100 unit kepada kelompok tani oleh Kasad didampingi Pangkostrad kepada perwakilan.

Sementara dari kalangan dunia usaha swasta, PT Wilton Wahana Indonesia yang diwakili Presiden Direktur Wijaya Lawrence dan Komisaris Mayjend TNI (Purn.) Unggul K Yudohono turut menghadiri acara panen jagung, memberikan apresiasi kepada KASAD Dudung yang melakukan panen raya Jagung.

Hal ini sebagai wujud program Ketahanan Pangan TNI AD dengan memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif serta meresmikan 100 titik sumber air bersih guna menjaga Ketersediaan Air melalui program Manunggal Air.

Unggul K Yudoyono juga memberikan apresiasi kepada KASAD Dudung atas kerja nyata di bidang pertanian dan bantuan pompa air kepada warga masyarakat.

“Kami sangat mendukung kegiatan KASAD Dudung yang terjun langsung melaksanakan panen jagung dan bantuan pompa air yang sangat bermanfaat untuk memutar roda ekonomi masyarakat, sebagai wujud nyata dari program ketahanan pangan nasional,”ujarnya.

Menurut Unggul, kegiatan panen jagung dan bantuan sumur air di Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi yang juga berdampingan dengan lokasi pabrik PT Wilton akan memberikan dampak positif berupa meningkatnya kehidupan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut.

Hadir pada acara tersebut Kaskostrad, Wairjen TNI, Aster Kasad, Danjen Kopassus, Irkostrad, Kasdam III SLW, Kadispenad, Asren Kostrad, para Asisten Kaskostrad, Kepala BPIP, Forkopimda Kabupaten Sukabumi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

OJK Luncurkan Buku Mengenal Jasa Keuangan Tingkat SD

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan buku Mengenal Jasa Keuangan untuk

Sriwijaya Air Delay Tanpa Penjelasan di Pontianak

JAKARTA-Kementrian Perhubungan (Kemenhub) telah menyempurnakan regulasi tentang penanganan keterlambatan penerbangan