Kelompok Teroris Penumpang Gelap Pemilu

Tuesday 14 May 2019, 10 : 33 pm
by

JAKARTA – Ketua Badan Pekerja Setara Institute, Hendardi meminta masyarakat mewaspadai upaya penumpang gelap pemilu 2019.

Sejumlah fakta seputar Pemilu 2019, khususnya Pilpres, mulai dari tahap deklarasi dukungan, kampanye, hingga respons atas hasil quick count lembaga-lembaga survey dan rekapitulasi suara sementara KPU mengindikasikan penumpang gelap ini mulai bermain mengganggu proses demokrasi.

“Faktanya, apa yang terjadi belakangan ini mengindikasikan bahwa Pilpres telah ditunggangi oleh penumpang gelap (free rider). Mereka berlatar belakang simpatisan HTI, kelompok keagamaan radikal seperti GARIS (dimana Ketua Umum-nya, Chep Hermawan, pernah mengaku sebagai Presiden ISIS Regional Indonesia) bahkan kelompok-kelompok teroris seperti Jama’ah Anshorud Daulah (JAD), Jamaah Anshorut Tauhid (JAT), dan Jamaah Anshorus Syari’ah (JAS),” ujarnya.

Baca juga :  Kuasa Hukum: Masyarakat Depok Ingin Pembayaran Tanah Transparan dan Adil

Menurutnya, penangkapan teroris Bekasi dari jaringan JAD pekan lalu yang merancang peledakan bom dalam aksi 22 Mei 2019 menanggapi pengumuman resmi hasil Pemilu 2019 oleh KPU RI menegaskan bahwa kelompok teroris telah menunggangi Pemilu 2019.

Kelompok ini bermain untuk kepentingan politik mereka, dengan cara memberikan dukungan ‘tidak gratis’ kepada kontestan serta menjadikan titik-titik rawan yang ditimbulkan oleh fragmentasi elite untuk melakukan konsolidasi jaringan dan kekuatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Tapering Justru Tumbuhkan Ekonomi Indonesia

JAKARTA-Dampak pengurangan stimulus (tapering) yang dilakukan Bank Sentral Amerika (The

Alumni Unika Atma Jaya Jakarta Dukung Ekonomi Hijau

JAKARTA – Perkumpulan Alumni Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Perluni