Kemendag Ajak Pengusaha dan Dispora Manfaatkan IA-CEPA

Saturday 29 May 2021, 2 : 46 pm
by
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Dirjen PEN) Kemendag Didi Sumedi

JAKARTA-Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengajak para pengusaha dan diaspora pengusaha Indonesia yang berada di Australia memanfaatkan penjanjian kerjasama ekonomi komprehensif Indonesia dan Australia atau Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Dirjen PEN) Kemendag Didi Sumedi menyatakan, peran dan kekuatan diaspora pengusaha Indonesia di Australia berperan penting dalam pengimplementasian perjanjian dagang tersebut.

“Para pelaku usaha diharapkan memanfaatkan cakupan IA-CEPA yang komprehensif seperti penghapusan tarif bea masuk perdagangan barang, kesempatan luas di perdagangan jasa, program-program pengembangan sumber daya manusia, dan peluang investasi dari kedua negara. Kesemuanya diharapkan membentuk Indonesia sebagai economic powerhouse di kawasan,” jelas Dirjen PEN dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat malam (28/5/2021).

Dirjen PEN mencontohkan, peranan diaspora dalam implementasi IA-CEPA dapat dilihat dari berlangsungnya penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Kerja Sama Dagang antara perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI dengan perusahaan diaspora Indonesia di Australia, N Brothers Ltd/Import Station Trading Pty Ltd yang difasilitasi Kemendag dan Kedutaan Besar RI (KBRI) Canberra, Australia.

Penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan secara virtual pada Selasa (25/5) oleh Direktur Komersial dan Pengembangan PT PPI Andry Tanudjaja dan Managing Director N Brothers Pty Ltd/ Import Station Pty Ltd Yeslam Alwaini.

“Penandatanganan ini sejalan dengan momentum Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) yang telah berlaku efektif sejak 5 Juli 2020 lalu,” jelas Dirjen PEN.

Dia berharap, kondisi hubungan ekonomi Indonesia-Australia yang baik dapat terus ditingkatkan dengan memanfaatkan implementasi IA-CEPA dan berbagai skema fasilitasi dagang lainnya.

Fasilitasi itu, lanjut dia, mencakup promosi, kerja sama, dan imbal dagang yang saling menguntungkan, serta peningkatan ekspor produk-produk Usaha Kecil Menengah (UKM) di pasar Australia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kepala LPS: Vaksin Menjadi Harapan Perbaikan Kredit Perbankan

JAKARTA-Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sebagai salah anggota KSSK bersama dengan

Parpol Bertanggung Jawab Soal Politik Dinasti

JAKARTA-Partai politik harus ikut bertanggungjawab terkait maraknya politik dinasti di