Kemendag Gelar Atambua Internasional Expo 2023 di Marketing Point Motaain

Selasa 25 Jul 2023, 8 : 00 am
by
Motaain

ATAMBUA-Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan berkolaborasi dengan pemerintah daerah di perbatasan untuk  menggelar  Atambua  International  Expo 2023.

Kegiatan  tersebut  akan digelar pada Selasa  (25/7)  di  Pos  Lintas  Batas  Negara  (PLBN)  Motaain,  Atambua,  Nusa  Tenggara Timur (NTT) .

Pameran   tersebut   dilaksanakan   untuk   mengoptimalkan   keberadaan   pusat   promosi   ekspor   di perbatasan Indonesia dengan Timor Leste, yaitu Marketing Point Motaain.

“Atambua Internasional Expo 2023 ini terselenggara melalui kerja  sama Kementerian  Perdagangan  bersama  Kantor  Bea  dan  Cukai  Motaain,  Pemerintah  Kabupaten  Belu melalui  Perusda  Belu  Bakti,  PLBN Motaain,  dan  pemerintah  daerah NTT,” ungkap Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Kemendag Marolop Nainggolan.

Menurut Marolop, pameran ini merupakan salah satu upaya untuk menguatkan peran Indonesia dalam perdagangan dengan Timor Leste melalui kawasan perbatasan.

“Melalui penyelenggaraan kegiatan ini, eksportir dan usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia dapat berinteraksi secara langsung dengan pembeli  potensial  asal  Timor  Leste.  Acara  ini  sekaligus  diselenggarakan untuk memotivasi  para eksportir   dan pelaku UKM Indonesia   untuk   mengembangkan   ekspor   ke   pasar   Timor   Leste, meningkatkan daya saing produk, serta sebagai upaya adaptasi peraturan ekspor dari kedua negara,” kata Marolop.

Atambua International Expo 2023 akan diikuti oleh enam eksportir nasional dan sembilan pelaku UKM dari  Kabupaten  Belu.

Pameran  juga  diikuti  perusahaan  daerah  dan  perbankan.

Produk-produk  yang akan  dipamerkan  antara  lain  mebel,  ikan  hias  dan  akuarium,  bahan  bangunan,  sepeda  motor, kendaraan  bermotor  lainnya,  ban  kendaraan bermotor,  semen, minyak  goreng,  peralatan  komputer, alat pertanian, makanan khas, dan kerajinan.

Kemendag juga  membuka  klinik  konsultasi  Inaexport  sebagai  layanan  informasi  pasar,  promosi,  dan peluang ekspor yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha.

“Pameran akan dikemas dalam acara yang menyenangkan dan inspiratif,” pungkas Marolop.

Pada 2022, total  ekspor nonmigas Indonesia  ke  Timor  Leste  mencapai  292,61  juta.

Nilai  ini tercatat meningkat  18,9  persen  dibandingkan  tahun  2021 yang sebesar  USD  246,09  juta.

Selama lima tahun terakhir  (2018-2022),  ekspor  Indonesia  ke  Timor  Leste  juga  tercatat meningkat  dengan  rata-rata sebesar 11,41 persen per tahun.

Indonesia menempati urutan teratas sebagai pemasok utama ke Timor Leste.

Di posisi selanjutnya, ada Tiongkok, Taiwan, Singapura, Malaysia, Australia, India, Vietnam, Amerika Serikatdan Hong Kong.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Total Simpanan Perbankan Mencapai Rp 4.279 Triliun

JAKARTA-Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) merilis data mengenai pertumbuhan total simpanan

Fasilitasi Pembelian Perusahaan, Indonesia Raih USD 24 Juta

JAKARTA- Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan memfasilitasi