Kemenperin Optimis Kinerja Industri Nasional Terus Meningkat

Friday 18 Oct 2013, 1 : 26 pm
by

Sebagai implementasi atas program hilirasi industri tersebut, pemerintah telah berupaya untuk menarik investasi baik PMA maupun PMDN yang diarahkan untuk meningkatkan nilai tambah industri di dalam negeri.

Beberapa investasi industri berskala besar yang telah direalisasikan pada tahun 2012-2013 antara lain:

(1) Hilirisasi Industri Berbasis Bahan Mineral dengan total investasi US$ 17,5 miliar, antara lain oleh: Industri pengolahan besi baja PT. Krakatau Posco dan PT. Batulicin Steel, Industri pengolahan aluminium PT. Aneka Tambang.

(2) Hilirisasi Industri Berbasis Migas dengan total investasi US$ 8 miliar, antara lain oleh: Industri Petrokimia PT. Chandra Asri dan PT. Nippon Shokubai  Indonesia.

(3) Hilirisasi Industri Berbasis Agro, dengan total investasi US$ 63 milyar, antara lain oleh: Industri pengolahan CPO PT. Unilever Indonesia, Industri pengolahan karet ban PT. Hankook Tire Indonesia, dan Industri pengolahan kakao PT. Asia Cocoa Indonesia.

Dalam menghadapi pemberlakuan ASEAN Economic Community (AEC) 2015, Dirjen KII menjelaskan bahwa pemerintah telah memprioritaskan 9 sektor industri untuk dikembangkan dalam rangka mengisi pasar ASEAN, yaitu industri berbasis agro (CPO, kakao, karet), industri produk olahan ikan, industri TPT, industri alas kaki, kulit dan barang kulit, industri furniture, industri makanan dan minuman, industri pupuk dan petrokimia, industri mesin dan peralatannya serta industri logam dasar, besi dan baja.

Selain itu, pemerintah juga menetapkan tujuh industri yang diprioritaskan untuk dikembangkan dalam rangka mengamankan pasar dalam negeri, yaitu: industri otomotif, industri elektronika, industri semen, industri pakaian jadi, industri alas kaki, industri makanan dan minuman dan juga industri furniture.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Nasib Banga Jangan Diserahkan Pada Capres

JAKARTA-Membangun Indonesia yang besar tak boleh menyerahkan kepada capres dan

RAPBN-P 2013, Belanja Pegawai Cuma Turun Rp1,4 T

JAKARTA- RAPBN-Perubahan (RAPBN-P) 2013 yang diajukan pemerintah kepada DPR ternyata