Kenaikan Harga Properti Residensial di Pasar Primer Melambat

Tuesday 11 Nov 2014, 4 : 45 pm
by

JAKARTA-Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia (BI) Triwulan III-2014 mengindikasikan adanya perlambatan kenaikan harga properti residensial di pasar primer. Hal ini tercermin  dari Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) pada triwulan III-2014 yang tumbuh sebesar 1,46% (qtq), lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan triwulan sebelumnya yang sebesar 1,69% (qtq).

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segaramenjelaskan perlambatan kenaikan harga terjadi pada semua tipe rumah, khususnya rumah tipe kecil. “Untuk triwulan IV-2014, hasil survei memperkirakan harga properti residensial akan tumbuh 0,63% (qtq), melambat dibandingkan pertumbuhan pada triwulan III-2014,” jelasnya di Jakarta, Selasa (11/11).

Sejalan dengan perkembangan harganya, ujarnya volume penjualan properti residensial juga melambat.  Hasil survei menunjukkan bahwa volume penjualan properti residensial pada triwulan III-2014 tumbuh sebesar 33,69%, lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan triwulan sebelumnya yang sebesar 36,65% (qtq). “Perkembangan sektor properti residensial tersebut sejalan dengan proses penyesuaian perekonomian yang masih berlangsung  secara terkendali ke arah yang lebih seimbang dan berkesinambungan,” imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya hasil survei juga menunjukkan bahwa pembiayaan pembangunan properti residensial terutama bersumber dari dana internal pengembang. Sebagian besar pengembang (63,73%) menggunakan dana sendiri sebagai sumber pembiayaan usahanya. Sementara itu,  sumber pembiayaan konsumen untuk membeli properti masih didominasi oleh pembiayaan perbankan. “Sebanyak 76,07% responden masih memanfaatkan KPR sebagai fasilitas pembiayaan dalam pembelian properti residensial, khususnya pada rumah tipe kecil,” pungkasnya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Tama S Langkun Harapkan MKMK Cegah Pembegalan Konstitusi

JAKARTA-Juru Bicara (Jubir) Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Tama S

Solusi Digital Payment Platform, MII Dukung Program BI FAST

JAKARTA-Sejak diluncurkan awal tahun 2021, PT Mitra Integrasi Informatika (“MII”)—