Tama S Langkun Harapkan MKMK Cegah Pembegalan Konstitusi

Wednesday 1 Nov 2023, 1 : 13 pm
by
Tama S Langkun

JAKARTA-Juru Bicara (Jubir) Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Tama S Langkun, berharap Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) bisa menjaga independensi dan tegas dalam mengambil keputusan.

Hal ini penting agar MKMK bisa mencegah pembegalan konstitusi.

“Kami menghargai apa yang dilakukan para guru besar dan masyarakat sipil yang sudah melaporkan adanya pelanggaran etik Ketua MK untuk menjaga marwah MK,” kata Tama S Langkun saat berbicara di Konferensi Pers Nepotisme Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang digelar Media Center Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud di Rumah Cemara 19, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 31 Oktober 2023.

Menurut Tama, apa yang dilakukan guru besar mengajukan soal penganggaran etik Ketua MK merupakan perwakilan sebenarnya dari masyarakat, jernih tanpa kepentingan.

“Langkah itu dilakukan untuk mencegah pembegalan Konstitusi,* ucap Tama.

Dia juga berharap proses persidangan berjalan dengan lancar dan cepat serta tidak bertele tele. Meski MKMK dikasih waktu 30 hari tapi diharapkan sidang etik bisa mengeluarkan putusan lebih cepat.

“Sebab perlu ada kepastian terkait sanksi tegas terhadap Ketua MK. Karena kita masih tetap membutuhkan MK sampai kapanpun,” kata Tama.

Menurut Tama, kepastian putusan MKMK diperlukan Karana ke depan nantinya akan ada peluang sengketa pemilu di MK. Jadi laporan ke MKMK dan putusan MKMK diperlukan untuk jaga Marwah MK.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Mei 2019, Posisi Utang Indonesia Capai USD 386,1 Miliar

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat posisi Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia

Tekan Defisit Dengan Menaikan BBM Jadi Blunder

JAKARTA-Langkah pemerintah menekan defisit kembar dengan menaikkan harga bahan bakar