Kesejahteraan Bisa Jamin Keutuhan NKRI

Monday 22 Sep 2014, 5 : 24 pm
Ilustrasi

JAKARTA–Tingkat kesejahteraan sebagai salah satu tujuan pembangunan negara Indonesia. Karena itu, salah satu sosialisasi 4 pilar bangsa, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI bertujuan mensejahterakan rakyat, dan kesejahteraan itulah yang akan menjamin keutuhan NKRI. “Di Maluku saja daerah asal saya, ketika bertemu dengan anggota masyarakat di sana, karena jalan rayanya rusak dan lama tidak diperbaiki sudah mengancam akan berpisah dari Indonesia,”  kata Wakil Ketua MPR RI Melani Leimena Suharli, dalam dialog ‘Konstelasi NKRI, 5 Tahun MPR RI’ di Gedung MPR RI Jakarta, Senin (22/9/2014).

Menurut Melani, sikap nasionalisme harus terus ditingkatkan dan masalah ekonomi juga tak boleh ada kesenjangan. “Begitu pula di Papua. Apalagi banyak yang memprovokasi, maka kita harus terus membangkitkan nasionalisme dengan meningkatkan kesejahteraan rakyat dari Sabang sampai Merauke,” tambahnya

Dengan terus meningkatkan kesejahteraan dan membangkitkan nasionalisme kata Melani, maka pada 100 tahun ke depan Indoensia akan tetap berdiri tegak. “Jangan seperti negara-negara di Timur Tengah, meski bahasanya sama yaitu bahasa Arab, tapi terpecah-belah dan selalu konflik. Kita ini terdiri dari 174-an bahasa daerah dan banyak etnis, namun terbukti tetap utuh dalam NKRI,” terangnya.

Daerah juga diharapkan tidak terus tergantung pada pemerintah pusat, tapi juga menyontoh daerah yang sukses membangun ekonomi dan wisata, seperti Batam.  “Batam berhasil membangun perekonomian dan wisata. Listrik misalnya bisa melakukan subsidi silang, sehingga bisa menyubsidi rakyat yang tidak mampu,” ujarnya.

Selain itu tugas MPR RI untuk menyosialisasikan 4 pilar bangsa ini harus terus dilanjutkan. Khususnya dalam usaha menanamkan ideologi Pancasila terhadap anak didik sejak dini sampai mahasiswa, karena mereka ini akan menjadi pemimpin bangsa masa depan. “Jadi, jangan lupa ideologi Pancasila terus ditanamkan pada generasi bangsa demi keutuhan NKRI ini,” imbuhnya.

Sementara itu, anggota MPR Kelompok DPD RI, Wahidin Ismail menegaskan kesejahteraan menjadi masalah utama khususnya di wilayah perbatasan Indoensia. Seperti di Kalimantan, Papua, Maluku, dan lain-lain. Sebagaimana amanat sila ke-lima Pancasila, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. “Maka NKRI itu tak saja dimaknai secara tekstual, tapi juga kesejahteraan dan keadilan. Jadi, kita ingin melihat Indonesia tetap utuh dengan segala identitasnya,” ungkap anggota DPD RI dari Dapil Papua itu. (ek)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Genjot Infrastruktur, Presiden Dorong Investasi Non APBN

JAKARTA-Presiden Joko Widodo mendorong pembiayaan investasi non Anggaran Pendapatan dan
Penghentian sementara perdagangan saham TIRA terbatas pada upaya untuk melakukan cooling down

Bayar Utang, KONI Siap Private Placement Tahap Kedua Sebanyak 22 Juta Saham

JAKARTA-PT Perdana Bangun Pusaka Tbk (KONI) berencana melakukan Penambahan Modal