Keyakinan Konsumen Masih Tinggi

Monday 6 Apr 2015, 1 : 19 pm
by

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa tingkat keyakinan konsumen pada Maret 2015 masih cukup tinggi dan optimis. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Maret 2015 yang tercatat sebesar 116,9, lebih rendah dibandingkan 120,2 pada bulan sebelumnya. “Rata-rata IKK pada triwulan I 2015 tercatat sebesar 119,1, relatif sama dengan triwulan sebelumnya, namun meningkat dibandingkan 117,0 pada periode yang sama tahun sebelumnya,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara beberapa waktu lalu.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga yang cukup tinggi pada Juni 2015 sejalan dengan tingginya permintaan menjelang bulan puasa. Meningkatnya tekanan kenaikan harga diperkirakan terjadi pada semua kelompok komoditas, dengan kenaikan tertinggi pada kelompok bahan makanan.

Sementara itu, jelasnya untuk kondisi pada 6 bulan mendatang, responden memperkirakan peningkatan jumlah tabungan yang lebih tinggi dari bulan sebelumnya. Indikasi tersebut tercermin dari indeks perkiraan jumlah tabungan 6 bulan mendatang (September 2015) sebesar 136,9, meningkat 2,5 poin dari indeks bulan sebelumnya.

Di sisi lain lanjutnya, pinjaman pada 6 bulan mendatang diperkirakan menurun. Hal ini terindikasi dari indeks perkiraan posisi pinjaman 6 bulan mendatang yang tercatat sebesar 155,5 atau lebih rendah dari 161,9 pada bulan sebelumnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Tarif KA Halim Perdanakusuma-Soetta Masih Dikalkulasi

JAKARTA-Rencana pembangunan Kereta Ekspres dari Bandara Halim Perdanakusuma sampai Bandara

Ditjen Pajak Gelar Pertemuan dengan 17 Negara Asia-Pasifik

JAKARTA-Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak bekerjasama dengan OECD Center for Tax