Kolaborasi Anabatic dan Brankas Perkuat Akselerasi Digitalisasi Perbankan Kembangkan Open Banking 

Sabtu 26 Feb 2022, 10 : 58 pm
by
Anabatic dan Brankas

Brankas sendiri telah mengembangkan Open Source Core Ledger System sebagai alternatif Core Banking System yang lebih fleksibel, modular dengan biaya development dan maintenance yang terjangkau, terutama bagi pihak-pihak perbankan dan institusi finansial yang ingin meremajakan infrastruktur teknologi atau meluncurkan jasa neo/ digital banking yang dimana hal ini telah diakui dan didanai langsung oleh the Monetary Authority of Singapore (MAS).

Masa Depan Open Banking API

Indonesia merupakan pasar digital economy atau ekonomi internet terbesar di Asia Tenggara, tercatat 37 persen konsumen digital menggunakan layanan baru sebagai dampak sosial-ekonomi dari pandemi Covid-19.

Survey e-Conomy SEA menyampaikan bahwa tahun 2022, market digital economy Indonesia mencapai USD 75 miliar dan diprediksi akan meningkat 2 kali lipat menjadi USD 146 miliar pada 2025.

Masa pandemi juga telah mempercepat terjadinya transformasi digitalisasi secara pesat di industri perbankan serta berdampak positif seperti kenaikan nilai transaksi uang elektronik dan kenaikan penggunaan layanan perbankan digital.

Sebagai negara dengan potensi ekonomi digital yang sangat besar dan terus berkembang, Indonesia juga tidak ketinggalan turut mengadopsi penerapan sistem layanan Open Banking.

ååPada November 2019 yang lalu, Bank Indonesia sebagai regulator di bidang pembayaran nasional meluncurkan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 dengan 5 inisiatif program, di mana salah satu inisiatif tersebut adalah Open Banking. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator di bidang pengawasan industri jasa keuangan Indonesia juga merujuk kepada Open API sebagai standar konektivitas antara sistem elektronik Bank dengan sistem elektronik mitra Bank yang diatur dalam POJK No. 12/POJK.03/2018 mengenai Perbankan Digital.

Beberapa faktor pendukung lain seperti pembangunan infrastruktur telco dan IT (Palapa Ring, 5G, Low Bit Rate Satellite), dukungan penuh dari regulator serta potensi pasar yang terus meningkat di Indonesia menjadi momentum yang tepat bagi PT Anabatic Solusi Digital (Anabatic Digital)  dan PT Brankas Teknologi Indonesia (Brankas) untuk memperluas pangsa pasar serta menjadi market leader di Open Banking APIs dalam mengalirkan pendapatan dengan cara baru di era new economy saat ini.

 

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pemerintah Fasilitasi Perluasan Pasar Ekspor Industri Mamin di Eropa

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) proaktif mendukung peningkatan kinerja industri makanan dan
fintech

Perhatian Pemerintah ke Bidang Ekonomi Minim

JAKARTA-Penurunan pertumbuhan ekonomi di Semester I -2013 menjadi 5,92 persen,