Kolaborasi Anabatic dan Brankas Perkuat Akselerasi Digitalisasi Perbankan Kembangkan Open Banking 

Saturday 26 Feb 2022, 10 : 58 pm
by
Anabatic dan Brankas

JAKARTA-PT Anabatic Solusi Digital (Anabatic Digital) yang merupakan anak perusahaan dari PT Anabatic Digital Raya subholding dari PT Anabatic Technologies Tbk resmi menggandeng Brankas, perusahaan teknologi Open Finance pertama di Asia Tenggara dalam mengembangkan sistem layanan Open Banking melalui fitur Application Programming Interface (API).

Peningkatan akseptasi dan preferensi konsumen terhadap transaksi digital semakin meningkat selama masa pandemi.

Open banking sendiri menjadi wujud nyata digitalisasi perbankan untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada saat ini.

Open Banking merupakan sebuah ekosistem dimana pihak ketiga (third-party) dapat mengakses ke data finansial nasabah dan produk perbankan atau jasa finansial yang ditawarkan pihak perbankan dan institusi finansial lainnya.

Dalam Open Banking, konsumen adalah pemilik data transaksi mereka sendiri, bukan pihak bank, sehingga konsumen dapat membuat keputusan untuk menarik dan membagi data mereka ke pihak ketiga yang terpercaya melalui Open Application Programming Interface (API) secara aman.

Open APIs sendiri akan memungkinkan pihak ketiga untuk membuat aplikasi dan servis sesuai dengan kebutuhan layanan nasabah.

Open Banking  akan menciptakan industri sistem pembayaran yang sehat, dan inovatif serta akan mendorong implementasi secara menyeluruh solusi yang mendukung transformasi digital pada produk finansial.

Presiden Direktur PT Anabatic Digital Raya Nugraha Santosa  menyatakan bahwa digitalisasi layanan perbankan adalah sebuah keharusan, di sisi lain Anabatic Digital sangat optimis bahwa kolaborasi ini akan memberikan added value pada industri perbankan, FinTechs maupun start up.

Kerja sama kedua perusahaan akan menggabungkan keahlian yang dimiliki, dimana Anabatic Digital merupakan in-system integrated dan solution provider yang memiliki pengalaman mendalam dan luas dalam mengimplementasikan solusi dan sistem keuangan serta perbankan maupun Brankas yang merupakan teknologi Open Finance APIs untuk memudahkan akses serta membangun infrastruktur pada institusi perbankan dimana salah satu misinya adalah menyediakan akses keuangan kepada seluruh masyarakat Indonesia

“Anabatic Digital  dan Brankas akan membangun ekosistem keuangan digital dan turut ambil bagian dalam meramaikan pasar menuju ekonomi digital dan mendukung pemerintah di dalam membuka akses perbankan kepada 91,3 juta penduduk yang belum tersentuh layanan perbankan (underbanked) pada 2025,” jelasnya dalam seminar “Unlocking New Revenue Streams with Open Banking APIs and Banking as a Service” yang diselenggarakan secara daring oleh Anabatic Digital dan Brankas pada 17 Februari 2022 yang lalu.

“Tim kami sangat antusias untuk bekerjasama dengan Anabatic Digital dalam menghadirkan teknologi generasi terbaru all-in-one Open Finance dan Open Core bagi solusi Perbankan, FinTechs, dan lembaga keuangan lainnya di Indonesia. Anabatic Digital dan Brankas berkomitmen untuk merevolusi secara maksimal cara kerja Bank dansoftware perbankan, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh Asia Tenggara,” ujar Kenneth Shaw selaku Co-Founder & Chief Technology Officer PT Brankas Teknologi Indonesia.

Selain di Indonesia, Brankas juga fokus beroperasi di Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, dan baru saja menutup pendanaan Series B sebesar 20 juta USD yang dipimpin oleh perusahaan venture capital Insignia Ventures Partners dan diikuti juga oleh VISA.

Dengan dukungan VISA, Brankas telah mengembangkan dan meluncurkan produk Data API termasuk Card Holder Transaction Score, Spending Volume maupun Spending Behavior yang bisa memberi penilaian kredit (Credit Score) secara real-time atau instan kepada nasabah saat mengajukan produk pinjaman online.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

RAPBN 2016 Diprediksi Tak Beberkan Utang Luar Negeri

JAKARTA-Pidato Presiden Joko Widodo dalam nota keuangan RAPBN 2016 kemungkinan

Mudahkan Nasabah Bertransaksi, Bank DBS Indonesia Luncurkan Kartu Debit DBS Visa Contactless

JAKARTA-Bank DBS Indonesia meluncurkan fitur contactless untuk kartu debit DBS Visa. Melalui