Korban Investasi Bodong Didominasi Perempuan

Monday 9 Oct 2023, 7 : 49 pm
Ilustrasi

JAKARTA-Direktur Pengembangan PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jeffrey Hendrik mengungkapkan korban investasi bodong selama ini didominasi oleh perempuan.

Data mdenyebutkan, per akhir Agustus 2023 jumlahnya mencapai 37,55 persen dari total investor pasar modal.

“Menurut catatan kami sebanyak 37,5 persen investor adalah perempuan. Data lain menunjukkan, korban terbesar penipuan investasi bodong adalah perempuan,” kata Jeffrey dalam acara bertajuk Financial Glow-Up with Aman Financial Literacy yang digelar PT Dompet Aman Indonesia di Gedung BEI Jakarta, Senin (9/10).

Dia memperkirakan, maraknya korban penipuan investasi bodong di kalangan perempuan menjadi salah satu pemicu yang membuat perempuan enggan berinvestasi di pasar modal.

“Ini yang akan kami lakukan dengan PT Dompet Aman Indonesia untuk meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal kepada perempuan dan anak muda,” imbuhnya.

Jeffrey berharap, pemberdayaan perempuan dan kelompok usia muda bisa memberikan dampak yang lebih luas kepada publik untuk berinvestasi.

“Ini juga sejalan dengan strategi Bursa Efek Indonesia dalam memberikan perhatian khusus kepada perempuan dan anak muda,” ucap Jeffrey.

Pada kesempatan yang sama, CEO Dompet Aman, Salina Nordin mengatakan bahwa pihaknya sebagai agregator loyalty point sudah bermitra dengan BEI dengan merilis program Aman Financial Literacy (AFL).

Kemitraan ini diharapkan mampu memperkuat fondasi pengetahuan keuangan dan memberdayakan individu untuk mengambil keputusan secara tepat sesuai lanskap investasi.

“Program AFL ini bukan hanya sekadar literasi, tetapi juga memberikan kesempatan untuk pengembangan keterampilan yang relevan dan penyediaan akses kepada lapangan pekerjaan di industri keuangan,” ujar Salina.

Selama lima tahun ke depan, lanjut Salina, melalui program AFL ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Presiden: Jangan Sampai Hanya Gara-gara Pilbup, Pilgub dan Pilpres Kita Retak

JAKARTA-Presiden Joko Widodo mengingatkan kembali, bahwa Indonesia adalah negara yang
PT Samudera Indonesia Tbk

Uang Beredar Mei 2021 Sebesar Rp6.994,9 Triliun

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat Likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam