Koster Dukung Penelitian Arkeologi di Bali

Tuesday 8 Aug 2023, 9 : 07 am
by
Gubernur Bali I Wayan Koster

TABANAN-Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan, bahwa Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Bali siap berkolaborasi dengan peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam mengembangkan penelitian di daerah.

Koster juga menjelaskan, bahwa BRIDA Bali memiliki fungsi utama untuk mengkoordinasikan dan memfasilitasi semua peneliti.

Termasuk, di perguruan tinggi maupun di lembaga-lembaga yang memang sudah memiliki keahlian.

Hal itu disampaikan Koster menjawab wartawan usai menghadiri dialog Ketua Dewan Pengarah BRIN, Prof.Dr.(HC) Megawati Soekarnoputri dengan para periset bertajuk ‘BRIN Mendengar’ yang diadakan di Gedung Nayaka Loka, di lingkungan Kebun Raya Candikuning, Baturiti, Tabanan, Bali, Senin (7/8/2023).

“(BRIDA Bali dan BRIN) melakukan penelitian sesuai dengan kebutuhan dan potensi daerah, untuk memperkuat kapasitas pangan daerah dan juga berbagai warisan budaya baik benda maupun tak benda di Bali ini,” kata Koster.

Koster juga mencontohkan soal riset yang berkaitan dengan arkeolog yang harus dikelola dengan baik dan dijadikan sebagai satu cagar budaya nasional.

Karena itu, Koster mendorong BRIN bersama para peneliti di berbagai perguruan tinggi yang ada di Bali yang sedang memetakan berkaitan dengan pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Agar itu betul-betul disinergikan dengan kebutuhan daerah supaya dari segi biaya dia efisien kemudian juga dia menjawab persoalan pembangunan daerah, dan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat,” jelas dia.

Sementara, terkait pengembangan riset soal ketahanan pangan di Bali, Koster menyebut bahwa kini lebih siap disebut sebagai kedaulatan pangan.

“Kemudian yang di Bali bukan lagi berbicara ketahanan pangan, tapi arahnya adalah kedaulatan pangan. Kami punya potensi untuk itu,” terang Koster.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Said Abdullah

Ekonomi Global Masih Bergejolak, Banggar DPR: Tim Ekonomi Harus Kerja Ekstra

JAKARTA-Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR, Said Abdullah memperkirakan tekanan

Mendag: Ekonomi Indonesia Maju Karena UKM Kuat

JAKARTA-Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengungkapkan, Indonesia berpeluang menjadi negara