Kredit BCA Tumbuh Solid di Seluruh Segmen, Laba Melejit 25,8% per September 2023

Kamis 19 Okt 2023, 10 : 29 pm
pertumbuhan laba bersih tersebut, terutama ditopang oleh penurunan biaya operasional dan biaya provisi kredit yang lebih rendah
Presiden Direktur BBCA, Jahja Setiaatmadja

Selama sembilan bulan pertama tahun 2023, BCA membukukan kenaikan pendapatan bunga bersih (net interest income/NII) sebesar 21,3% YoY menjadi Rp55,9 triliun.

Pendapatan selain bunga tumbuh 9,7% YoY menjadi Rp18,3 triliun, ditopang kenaikan pendapatan fee dan komisi sebesar 7,7% YoY.

Secara total, pendapatan operasional tercatat sebesar Rp74,2 triliun atau naik 18,2% YoY.

Seiring dengan peningkatan kualitas aset, biaya provisi tercatat turun Rp1,6 triliun dibandingkan tahun sebelumnya.

Secara keseluruhan, laba bersih tumbuh 25,8% YoY menjadi Rp36,4 triliun.

Mendorong UMKM naik kelas, berstandar internasional, serta mampu membuka akses pasar di luar negeri, program Bakti BCA mendukung penyelenggaraan pelatihan perdagangan ekspor bagi 60 UMKM yang sudah dikurasi di Semarang dan Yogyakarta.

Pelatihan tersebut dilaksanakan bersama dengan Kementerian Perdagangan RI, dan turut mengajak pelaku UMKM dari desa wisata binaan BCA, yaitu Doesoen Kopi Sirap dan Kampung Batik Gemah Sumilir.

Bekerja sama dengan Kemenkop UKM RI, Bakti BCA juga mendukung program fasilitas 1.000 sertifikat halal gratis bagi UMKM.

Selain itu, Bakti BCA melaksanakan serangkaian program yang diharapkan menciptakan dampak positif untuk masyarakat dan lingkungan di Kabupaten Banyuwangi, dari mulai edukasi pencegahan stunting untuk remaja, pemeriksaan kesehatan dan pemberian makanan sehat gratis bagi lebih dari 200 balita, hingga pelepasan 50 anak penyu (tukik) dan penanaman 100 pandan laut.

Mempromosikan nilai ekonomi sirkular kepada masyarakat, Bakti BCA berkolaborasi dengan Plasticpay untuk menghadirkanmesin penukaran botol plastik di gelaran offline BCA Expo 2023.

Hanya dalam waktu tiga hari, inisiatif ini berhasil mengumpulkan hampir 7.000 botol plastik untuk didaur ulang menjadi eco-friendly fiber. (ANES)

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Reshuffle, Pembodohan Politik dan Krisis Kedaulatan Rakyat

Oleh: Anthony Budiawan Dalam sistem presidensil seperti Indonesia, presiden bertanggung

Implementasi Cofiring PLTU Tingkatkan Economic Scale Biomassa

JAKARTA-Penggunaan biomassa sebagai substitusi bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Uap