LIPI: Hasil Survei Yang Menangkan Prabowo Adalah Hoaks

Wednesday 27 Mar 2019, 1 : 01 am
by

JAKARTA-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membantahan berita yang menyebut LIPI terlibat dalam survei yang dilakukan Rumah Demokrasi.

Kepala Pusat Penelitian Politik LIPI Firman Noor menegaskan tidak pernah mengeluarkan hasil survei yang menyatakan elektabilitas pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin adalah 40,3% dan pasangan calon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno 45,45%.

Dalam keterangan resminya, LIPI membenarkan bahwa peneliti LIPI, Firman Noor dan Aisah Putri Budiatri, hadir dalam diskusi yang diadakan Rumah Demokrasi pada Minggu (24/3).

Keduanya hadir sebagai narasumber untuk mencermati secara umum peluang migrasi suara dalam Pemilu 2019, dengan melihat peluang migrasi dapat terjadi melalui perpindahan dari satu pasangan calon ke pasangan calon lain, dan/atau dari swing voter ke salah satu pasangan calon.

Namun, LIPI menegaskan tidak pernah mengeluarkan hasil survei yang menyatakan elektabilitas pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin adalah 40,3% dan pasangan calon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno 45,45%.

“Hasil survei yang disampaikan dalam diskusi pada 24 Maret 2019 tersebut adalah hasil survei Rumah Demokrasi yang disampaikan Ramdansyah. LIPI tidak terlibat sama sekali di dalam proses dan penyampaian hasil survei tersebut,” tegas Kepala Pusat Penelitian Politik LIPI Firman Noor keterangan resmi LIPI.

Selain membantah terlibat dalam survei tersebut, LIPI juga menuntut detik.com terkait pemberitaan video berdurasi 20 detik yang dianggap menimbulkan interpretasi yang menyesatkan dan menimbulkan kesalahpahaman.

“Karenanya, LIPI meminta laman berita tersebut dihapus dan menuntut permohonan maaf dari detik.com,” seru Firman.

“LIPI juga meminta semua pihak agar lebih cermat, berhati-hati, dan bertanggung jawab dalam menyampaikan atau menyebarluaskan berita kepada publik agar tidak terjebak pada pemberitaan hoaks yang dapat merugikan kredibilitas sebuah lembaga, khususnya lembaga penelitian seperti LIPI,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Produk Properti Didorong Gunakan Kearifan Lokal

BANYUWANGI-Para pengembang perumahan yang tergabung dalam Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia

Golkar Pasrahkan Nasib Setya Novanto ke MKD

JAKARTA- Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar Aburizal Bakrie