Listing Perdana di BEI, MMIX Langsung Melesat ke Titik ARB

Tuesday 6 Dec 2022, 3 : 20 pm
by
suspensi, BEI, Saham HITS, KJEN
ilustrasi

JAKARTA-Saat memulai transaksi perdana pada perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, harga saham PT Multi Medika Internasional Tbk (MMIX) langsung melesat ke titik auto-rejection atas (ARA) atau melonjak 34,74 persen ke posisi 256, meski sempat berbalik ke level 230.

Harga MMIX yang dibuka menguat ke level 256 ditawarkan senilai Rp190 per saham.

Hingga pukul 09.15 WIB, volume transaksi tercatat mencapai 113,92 juta saham, frekuensi transaksi sebanyak 10.688 kali dan nilai transaksi sebesar Rp28,61 miliar.

Harga saham bergerak pada rentang 230-256.

Pada pelaksanaan penawaran umum perdana saham (IPO), MMIX melepas saham ke publik sebanyak 600 juta lembar dengan nilai nominal Rp25 per saham atau setara dengan 25 persen dari modal ditempatkan dan disetor perseroan setelah IPO.

Dengan harga pelaksanaan yang ditetapkan sebesar Rp190 per saham, maka melalui aksi korporasi ini jumlah dana masyarakat yang berhasil diraup MMIX mencapai Rp114 miliar.

Saat proses IPO ini, manajemen MMIX menunjuk PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia sebagai penjamin pelaksana emisi Efek.

Menurut Deputy Director Investment Banking Mirae Asset Sekuritas, Mukti Wibowo Kamihadi, pada pelaksanaan penawaran umum, saham MMIX mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) sebanyak 175,49 kali dari total saham pooling.

Rencananya, dana hasil IPO —setelah dikurangi biaya-biaya emisi— akan digunakan sebagai modal kerja sebesar 65 persen, sedangkan sisanya akan dimanfaatkan untuk perluasan distribution center dan sarana logistik.

Secara bersamaan, MMIX juga menerbitkan sebanyak 300 juta Waran Seri I yang menyertai saham baru perseroan atau sebesar 16,67 persen dari jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran IPO.

Setiap pemegang dua saham baru berhak memperoleh satu Waran Seri I, yang setiap satu waran memberikan hak kepada pemiliknya untuk membeli saham MMIX yang dikeluarkan dari portepel, dengan harga pelaksanaan Rp300 per saham. Total Hasil pelaksanaan Waran Seri I sebesar Rp90 miliar.

Direktur Utama MMIX, Mengky Mangarek, dana hasil pelaksanaan Waran Seri I akan manfaatkan seluruhnya sebagai modal kerja perseroan, antara lain digunakan untuk pembukaan flagship store dan K-pop mini booth.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Obligasi Summarecon Untuk Ekpansi Usaha

JAKARTA-PT Summarecon Agung Tbk menjual obligasi senilai Rp600 miliar pada

Biaya Perjalanan Dinas Bakal Dievaluasi

JAKARTA-Kementerian Keuangan akan mengevaluasi anggaran untuk biaya belanja barang termasuk