Loon Google Alternatif Komplementer Penetrasi Broadband 4G

Wednesday 30 Dec 2015, 4 : 30 am
by
Alternatif Komplementer Penetrasi Broadband 4G

JAKARTA – Project Loon dari Google akan digunakan untuk memberikan konektivitas Broadband 4G yang memadai dan terjangkau bagi masyarakat.

“Di mana melalui metoda konvensional tower terrestrial, Loon ini yang digunakan sebagai alternatif dan komplementer, “ tutur Menteri Kominfo Rudiantara saat berbincang di depan pekerja media di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Selasa (29/12).

Rudiantara menegaskan Google Loon merupakan solusi alternatif dan komplementer penetrasi Broadband 4G di daerah perdesaan atau rural, perbatasan maupun di wilayah-wilayah pantai, dan maritim serta pulau-pulau dan laut.

“Misalnya tidak mungkin pasang tower di laut, hal tersebut sulit dilaksanakan. Jadi alternatifnya Google Loon,” jelasnya kepada pekerja media dan didampingi oleh co-Founder Google Sergey Brin.

Rudiantara menambahkan bahwa Loon merupakan sisi pemenuhan akses dan bagus untuk wilayah rural.

“Kita nanti tinggal sesuaikan kebutuhan teknis spektrum frekuensi untuk backhaul,” tambahnya.

Lebih lanjut Google Loon tidak akan pernah dan tidak menjadi operator baru. melainkan hanya sebagai penyedia teknologi tower dan eNodeB (BTS) di angkasa.

Google Loon Project Trial ini hanya digunakan untuk kepentingan komunikasi saja. Dengan batasan-batasan yang tegas dan jelas, Google sepakat dengan ketentuan tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Sergey  Brin menyatakan dengan kondisi geografik Indonesia Loon sangat sesuai. Loon bisa menjangkau luas area permukaan dengan diameter 80 km.

Inisiasi Google Loon Project akan diadakan ujicoba selama tahun 2016 di Indonesia.

Ujiocoba itu bekerjasama dengan tiga operator selular di pita frekuensi 900 MHz yang telah dialokasikan kepada operator selular tersebut yaitu Telkomsel, Indosat dan XL Axiata.

“Telah diidentifikasi beberapa lokasi di daerah rural untuk menyediakan solusi layanan 4G Broadband di daerah rural dengan solusi ini, menggunakan handset 4G yang ada di pasaran,” terangnya.

Menteri menyampaikan juga tidak hanya sisi aplikasi dan network tetapi juga dari sisi device Indonesia membuka peluang keterlibatan Google.

“Dalam hal ini bagaimana menciptakan handset smartphone yang sangat murah untuk Indonesia, salah satunya memanfaatkan AndroidOne,” jelas Rudiantara.

Mengenai hal itu, Sergey sangat antusias dan akan membantu upaya-upaya Indonesia dalam menciptakan device murah.

Handset Android 4G murah, menjadi tujuan kebijakan Kominfo pada tahun 2017 nanti agar handset 4G untuk layanan broadband bisa terjangkau oleh masyarakat.

“Kominfo mengharapkan Google bisa membantu bekerjasama dengan ekosistem manufaktur lokal maupun pengembang aplikasi di tanah air untuk memberikan solusi handset 4G murah,” tutur Menkominfo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

DPR Minta Data Penerima Pupuk Bersubsidi Harus di Update

JAKARTA-Anggota Komisi IV DPR RI Ravindra Hartarto mendesak distribusi alokasi

PP Perpajakan Gross Split Segera Rampung

JAKARTA-Pemerintah telah menyelesaikan peraturan sistem perpajakan untuk skema bagi hasil