Lunasi Utang Jatuh Tempo, MEDC Siap Terbitkan Obligasi Rp1 Triliun

Friday 20 Aug 2021, 10 : 01 am
by
manajemen MEDC telah menunjuk tiga penjamin pelaksana emisi obligasi, yakni PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia, PT Mandiri Sekuritas dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (TRIM
ilustrasi

JAKARTA-PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) berencana menerbitkan Obligasi Berkelanjutan IV Tahap I-2021 sebanyak-banyaknya Rp1 triliun untuk melunasi utang atas obligasi perseroan yang akan jatuh
tempo pada 2022.

Berdasarkan prospektus MEDC yang dipublikasi di Jakarta, Kamis (19/8), perseroan menargetkan total penghimpunan dana mencapai Rp5 triliun dari penerbitan Obligasi Berkelanjutan IV.

Adapun Obligasi Berkelanjutan IV Tahap I-2021 yang mengincar dana maksimal Rp1 triliun akan terbagi menjadi dua seri.

Obligasi Berkelanjutan IV Tahap I-2021 Seri A bertenor tiga tahun, sedangkan Seri B bertenor lima tahun terhitung sejak tanggal emisi.

Besaran tingkat bunga untuk kedua seri obligasi ini akan ditentukan kemudian oleh perseroan dan penjamin pelaksana emisi.

Pada aksi korporasi ini, manajemen MEDC telah menunjuk tiga penjamin pelaksana emisi obligasi, yakni PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia, PT Mandiri Sekuritas dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (TRIM).

Obligasi Berkelanjutan IV ini sudah mendapatkan peringkat idA+ (Single A Plus) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo)

Masa penawaran awal Obligasi Berkelanjutan IV Tahap II-2021 ditetapkan pada 19-26 Agustus 2021 dan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diharapkan bisa diterima pada 31 Agustus 2021. Sehingga, masa penawaran umum bisa dilaksanakan selama periode 2-6 September 2021.

Adapun tanggal penjatahan diagendakan pada 7 September 2021, tanggal pengembalian uang pemesanan pada 9 September 2021, tanggal distribusi obligasi secara elektronik (Tanggal Emisi) pada September 2021 dan pencatatan obligasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) diharapkan pada 10 September 2021.

Rencananya, dana yang diperoleh dari hasil penawaran umum ini —setelah dikurangi biaya-biaya Emisi— akan digunakan untuk melunasi jumlah terutang atas obligasi MEDC yang akan jatuh tempo pada 2022.

Obligasi ini adalah, Obligasi Berkelanjutan II Tahap IV-2017 Seri B sebesar Rp1 miliar, Obligasi Berkelanjutan II Tahap V-2017 Seri C sebesar Rp753,5 miliar dan Obligasi Berkelanjutan II Tahap VI-2017 Seri B sebesar Rp151,5 miliar.

Sedangkan sisa dana yang diterima dari penerbitan Obligasi Berkelanjutan IV Tahap I-2021 akan digunakan sebagai modal kerja untuk mendukung kegiatan operasional MEDC, termasuk untuk pemenuhan kebutuhan pembayaran kepada vendor pada aset yang dimiliki perseroan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kinerja Ekspor Mei 2021 Capai Rp238,2 Triliun

JAKARTA-Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat kinerja Ekspor pada periode Mei 2021

Sidang Tipu Kongsi Pasar Turi, Saksi Sebut Henry J Gunawan Tak Bermodal

SURABAYA-Persidangan kasus penipuan kongsi pembangunan dan pengelolaan Pasar Turi yang