Mantan Menteri Lingkungan Hidup Curiga Food Estate Motifnya Kepentingan Ekonomi

Sabtu 20 Jan 2024, 5 : 39 pm
by
Mantan Menteri Lingkungan Hidup (LH) Alexander Sonny Keraf

JAKARTA-Mantan Menteri Lingkungan Hidup (LH) Alexander Sonny Keraf mencurigai Proyek Food Estate di lahan seluas 600.000 hektare di Gunung Mas, Kalimantan Tengah, motifnya kepentingan ekonomi dan bukan seperti yang disebut untuk ketahanan pangan.

“Saya mencurigai sejak awal bahwa rencana food estate singkong yang difokuskan di kawasan Gunung Mas, Kalimantan Tengah, sesungguhnya bukan mau membangun food estate. Tapi saya curiga mohon maaf bahwa tujuannya adalah membabat hutan untuk mengambil kayunya. Yakni artinya untuk kepentingan ekonomi di dalamnya,” kata Sonny Keraf saat berbicara di Podcast LanjutGan, yang dimoderatori Reinhard Sirait, Jumat (19/01/2024).

Sonny Kerap mengungkapkan latar belakang kecurigaan dirinya terhadap proyek yang dilakukan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang juga calon presiden (capres) Pipres 2024 nomor urut 2.

“Kenapa? Pertama yakni, loh yang mengherankan kok pihak yang membangun Food Estate itu adalah Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Kita tahu Kemenhan fungsinya bukan untuk pertanian,” kata Sonny Keraf.

Sonny Kerap mengaku dirinya bisa memaklumi apabila proyek Food Etaste dilakukan Kemenhan saat negara dalam keadaan daruat.

“Kecuali misalnya negara dalam keadaan darurat pangan maka kita kerahkan tentara dengan gerak cepat untuk cepat-cepat memproduksi pangan karena ada darurat pangan. Misalnya terjadi kelaparan di mana-mana. Tapi ini kan tidak terjadi,” kata Sonny Keraf mengritisi hal tersebut.

Kemudian latar belakang kecurigaan kedua yakni, disebutkan Proyek Food Estate ini untuk menanam singkong, berarti untuk tujuannya pangan.

“Bila kita ingin menanam singkong maka kan harus ada rencana peruntukannya. Mau dijadikan makanan seperti apa? Jadi tapioka kah? Atau apa?” kata Sonny Keraf.

Menurut Sonny Keraf, kalau benar Proyek Food Estate akan menanam singkok maka seharus ada off taker-nya, langkah lanjutan yang disiapkan. Off taker merupakan pemasok kebutuhan industri ataupun pasar.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Enam Infrasruktur Listrik Papua Beroperasi, Pasokan Bertambah

SENTANI-Presiden Joko Widodo sangat concern dengan pembangunan infrasruktur, terutama ketersediaan

Dijamin, 5 Tahun Lagi Sumatera Bebas Pemadaman Listrik

MEDAN-Presiden Joko Widodo ( Jokowi)  menegaskan lima tahun menjadi targetnya