MAR Berencana Rilis Obligasi Rp825 Miliar Berbunga Hingga 9,5%

Friday 29 Jan 2021, 10 : 02 pm
by
Penghentian sementara perdagangan saham TIRA terbatas pada upaya untuk melakukan cooling down
ILustrasi

JAKARTA-PT Sinar Mas Agro Reaources and Technology Tbk (SMAR) berencana melakukan Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) atas Obligasi Berkelanjutan II Tahap III-2021 sebesar Rp825 miliar, dengan tingkat bunga tetap berkisar 7,25-9,5 persen.

Berdasarkan prospektus SMAR yang dipublikasikan di Jakarta, Jumat (29/1), obligasi ini diterbitkan tanpa warkat, kecuali Sertifikat Jumbo Obligasi yang akan diterbitkan oleh SMAR atas nama PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), sebagai bukti utang kepada pemegang
Obligasi.

Sebagaimana diketahui, target penghimpunan dana dari Obligasi Berkelanjutan II yang diterbitkan SMAR mencapai Rp3 triliun.

Sebelumnya, perseroan telah menerbitkan Obligasi Berkelanjutan II Tahap I-2020 sebesar Rp775 miliar dan pada Tahap II-2020 mencapai Rp1,4 triliun.

Adapun rencana penerbitan Obligasi Berkelanjutan II Tahap III-2021 yang sebesar Rp825 miliar akan terbagi menjadi tiga seri, yakni Seri A berjumlah Rp225 miliar bertenor 375 hari, dengan tingkat bunga tetap sebesar 7,25 persen.

Untuk obligasi Seri B senilai Rp380 miliar bertenor tiga tahun, dengan tingkat bunga sebesar 9 persen. Sedangkan, Seri C berjumlah 220 miliar bertenor lima tahun, dengan tingkat bunga mencapai 9,5 persen.

“Bunga obligasi dibayarkan setiap tiga bulan sejak tanggal emisi, sesuai dengan tanggal pembayaran masing-masing bunga obligasi”.

Manajemen SMAR menyebutkan, dana yang diperoleh dari PUB atas Obligasi Berkelanjutan II Tahap III-2021 ini akan digunakan untuk pembayaran sebagian pokok utang bank jangka pendek dan pokok utang bank jangka panjang yang merupakan angsuran pokok pada saat jatuh tempo.

Pada aksi korporasi ini, manajemen SMAR menunjuk tiga penjamin pelaksana emisi obligasi, yaitu PT BCA Sekuritas, PT CIMB Niaga Sekuritas dan PT Sinarmas Sekuritas.

Adapun yang bertindak sebagai wali amanat adalah PT Bank Mega Tbk.

Obligasi Berkelanjutan II milik SMAR ini mendapatkan peringkat idA+ dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo)

Rencananya, penawaran umum akan dilaksanakan pada tanggal 10, 11 dan 15 Februari 2021. Sedangkan tanggal penjatahan pada 17 Februari 2021 dan obligasi ini diharapkan bisa dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 22 Februari 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Industri Manufaktur Kuartal II-2019 Diproyeksi Tumbuh 4,8%

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) optimistis sektor industri manufaktur dapat tumbuh lebih

Teh Indonesia Senilai Rp57 Miliar Siap Banjiri Pasar Malaysia

KUALA LUMPUR-Indonesia melalui PT Perkebunan Nusantara III Holding berhasil membukukan