Masyarakat Bandung Didorong Awali Bangun Kembali Toleransi dan Pluralisme

Minggu 3 Mar 2019, 12 : 17 pm
by

Dijelaskan lebih lanjut, kata-kata “Bandung, Ibukota Periangan, Beta, Kau dan BUNG” adalah sarat makna jika dilihat dari konteks saat ini. Beta adalah kata ganti orang untuk diri sendiri (saya) yang berasal dari daerah Indonesia Timur.

Sementara Kau adalah sebutan untuk menyebut pihak kedua dari bahasa Indonesia atau Melayu.

Dan, Bung adalah sebutan kehormatan untuk semua orang pada saat perjuangan tanpa mengenal diskriminasi ataupun latar belakang.

Dan dalam sejarah, sapaan BUNG ternyata juga terkait dengan sapaan kepada orang lain secara terhormat sebagaimana kakak atau abang.

“Jika Jawa Barat terpapar sebagai daerah yang tingkat intoleransi atau radikalisasi paling tinggi di Indonesia, kondisi ini sangat bertentangan dengan semangat lagu Halo Bandung yang sarat dengan semangat perjuangan, semangat nasionalisme, semangat toleransi dan sangat mengakui keberadaan sebuah sejarah. Oleh karena itu, masyarakat Bandung perlu memulai dengan mengumandangkan lagi lagu Halo Bandung kembali. Jawa Barat akan menjadi seperti yang kita harapkan jika masyarakat Bandung mengawali memaknai lagu Halo Bandung. Mari Bung Rebut Kembali… ,” ujar Putut Prabantoro

Selain itu, Putut Prabantoro mendorong para peserta komunikasi sosial TNI dan Masyarakat untuk memulai kembali upacara bendera dan ziarah ke taman makam pahlawan.

Upacara bendera merupakan cara yang tepat untuk belajar dan sekaligus memaknai arti patriotisme (cinta tanah air) dan nasionalisme, dua nilai yang diajarkan oleh Lagu Halo Bandung. Sementara Ziarah ke Taman Makam Pahlawan merupakan cara yang tepat belajar tentang ideologi negara dan patriotisme.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

OJK Arahkan Fintech Lending Kembangkan UMKM

PALEMBANG-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong pertumbuhan industry peer to

Adhi Karya Kantongi Kontrak Baru Rp30,3 Triliun per Oktober 2023

  Adapun sejumlah proyek besar berkontribusi terhadap kinerja ADHI adalah