Masyarakat Disarankan Alihkan Dana Simpanan ke Reksa Dana

JAKARTA-Chief Economist and Investment Strategist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), Katarina Setiawan menyarankan kepada masyarakat untuk mengalihkan sebagian dana simpanannya di bank ke reksa dana pendapatan tetap mengingat kondusifnya pertumbuhan pasar obligasi.

Menurutnya, peluang investasi ini seharusnya dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin menumbuhkan asetnya.

“Investor tidak perlu memiliki perasaan khawatir sudah terlambat untuk berinvestasi di reksa dana pendapatan tetap, karena pertumbuhannya masih akan menarik, ditopang oleh fundamental ekonomi yang kuat dan tingginya yield obligasi Indonesia diantara negara-negara dengan peringkat investment grade,” ujarnya.

Katarina mengatakan, investor dapat memanfaatkan reksa dana Manulife Obligasi Unggulan (MOU) yang tidak hanya berinvestasi pada obligasi pemerintah, tetapi juga dapat berinvestasi pada obligasi korporasi sampai 60%.

Baca :  Aneh, Yield SUN Indonesia Terlalu Tinggi

“Komposisi portofolio reksa dana MOU membuat produk ini memiliki volatilitas yang lebih rendah daripada reksa dana obligasi pemerintah yang murni, namun memberikan kinerja yang lebih unggul,” imbuhnya.

Baca juga: http://www.beritamoneter.com/mami-reksa-dana-pendapatan-tetap-masih-akan-menarik/

Komposisi portofolio reksa dana MOU terdiri dari 40% – 100% obligasi pemerintah, 0% – 60% obligasi korporasi, dan 0% – 20% di pasar uang. Komposisi tersebut menciptakan risk mismatch, dimana volatilitasnya rendah namun kinerjanya unggul.

“Di saat terjadi siklus kenaikan suku bunga, porsi obligasi korporasi menjadi buffer bagi kinerja MOU. Sementara di saat terjadi siklus penurunan suku bunga, porsi obligasi korporasi menjadi enhancer kinerja MOU,” ujar Katarina.

Sementara itu, Chief Investment Officer, Fixed Income MAMI Ezra Nazula, menjelaskan, obligasi korporasi memberikan imbal hasil sekitar 150 bps di atas obligasi pemerintah. Sebelum melakukan penempatan, tim credit analyst MAMI telah melakukan analisa yang mendalam terhadap perusahaan-perusahaan penerbit obligasi.

Baca :  Pasar Modal Anggap Penting Soal Redenominasi

“Hal ini yang membuat reksa dana MOU memberikan potensi imbal hasil yang lebih tinggi,” imbuhnya.

Reksa dana MOU dikelola oleh tim investasi MAMI yang profesional dan berpengalaman serta telah meraih beragam penghargaan dari industri, diantaranya penghargaan The Most Astute Investor in Asian Local Currency Bonds dari The Asset Benchmark selama 6 tahun berturut-turut sejak tahun 2012. Investor dapat mulai berinvestasi di reksa dana MOU dengan dana minimal Rp 100.000,- melalui klikMAMI.com, IPOT Fund, dan Phillip Sekuritas Indonesia.