Mata Uang Dunia Tertekan Dollar AS

Wednesday 6 Nov 2013, 3 : 00 pm
by

JAKARTA – Indikator sektor pelayanan AS menguat melebihi ekspektasi di bulan Oktober. Dari ekspektasi pasar yang hanya sebesar 54, data yang diumumkan malam tadi mencapai 55.4.

Hal ini memicu penguatan dollar AS yang berlanjut sampai Rabu pagi (6/11). Dollar Index naik 0.19% ke level 80.706 sampai dini hari tadi.

Aksi jual juga meliputi pasar saham dan pasar obligasi. Dow Jones terpangkas 0.13% sementara tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS 10thn naik 4.78bps ke 2.670.

Analis Harian PT Samuel Sekuritas mengatakan mata uang utama dunia juga masih berada dalam tekanan penguatan dollar AS. Euro dan Australian dollar melemah sampai dini hari tadi.

Baca juga :  OJK Perkuat Satgas Waspada Investasi

Sesaat sebelumnya, pelemahan juga terlihat merata di pasar saham Eropa. Indeks saham Jerman (DAX) dan juga Inggris (FTSE 100) mengalami pelemahan masing-masing 0.31% dan 0.25%.

Sesuai perkiraan tren pelemahan dollar AS terus berlanjut.

Pasar global akan kembali fokus ke data AS kamis malam di mana angka PDB dan Jobless Claims diumumkan.

Pengumuman data AS akan terus menarik perhatian investor sampai Jum’at malam di mana data Nonfarm Payrolls dan Unemployment rate diumumkan.

Pasar memperkirakan data akan lebih buruk dari sebelumnya sehingga penguatan dollar sepertinya akan sedikit mereda di akhir minggu ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Tingkatkan Kepastian Usaha, Mendag Rilis Permendag 56/2014

JAKARTA-Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan penyempurnaan terhadap beberapa substansi dalam Peraturan

Sambut Hari Ibu, Kaum Hawa Bentuk Komunitas Srikandi BUMN

JAKARTA-Deputi Kementerian BUMN bidang Keuangan dan Management Risiko Nawal Nelly