Mau Buat Startup? Simak 5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui untuk Memulai Bisnis

Saturday 22 Dec 2018, 2 : 00 pm
by

JAKARTA – Startup kini tengah menjadi tren bisnis yang berkembang di kalangan anak muda Indonesia.

Sebenarnya, apa itu startup?

Startup merupakan perusahaanyang belum lama didirikan dan dalam masa pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Indonesia termasuk dalam daftar lima besar negara di dunia dengan jumlah startup terbanyak berdasarkan laman Startup Ranking.

Pada awal tahun 2018, tercatat total startup Indonesia mencapai 1.705 startup, menempatkan Indonesia di urutan keempat di bawah Amerika Serikat (28.794 startup), India (4.713 startup), dan Inggris (2.971). Hebatnya lagi, sebagian besar founder dari startup tersebut berasal dari Generasi Y.

Tertarik untuk memulai startup? Yuk, Simak 5 hal yang perlu kamu ketahui untuk memulai startup.

1.     Mulai dengan Ide yang Sederhana

Memulai suatu bisnis tentunya merupakan tantangan yang cukup besar. Kita dapat memulai bisnis bisa dengan ide sederhana dari permasalahan yang kita temui sehari-hari. Tentunya, dalam memulai bisnis jangan terpaku oleh tren, dikarenakan tren bisnis yang tengah berkembang pasti terdapat kompetitor yang serupa. Jadi, kita harus memiliki ide kreatif yang memiliki ciri khas tersendiri sehingga berbeda dengan startup lain.

2.     Tentukan Analisa Pasar dan Target Audience

Analisa pasar dan target audience merupakan salah satu hal penting yang menentukan kesuksesan suatu bisnis. Kita harus memahami kebutuhan yang belum dapat dipenuhi oleh bisnis lain atau hadir sebagai bisnis yang dapat memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat. Setelah menentukan segmentasi targetaudience, kita dapat melakukan analisa pasar.

Analisa pasar mencakup analisa kompetitor dan juga  siapa target yang ingin kita sasar. Analisa pasar merupakan perkembangan perusahaan lain yang memiliki bisnis serupa dan bagaimana strateginya.

3.     Bekerja Berdasarkan Timeline

Kesuksesan sebuah bisnis tidak terlepas dari sikap kedisiplinan yang harus dijunjung tinggi oleh pelaku bisnis itu sendiri. Hal tersebut bisa dimulai dari menentukan apa saja yang harus dilakukan dan menyusun prioritas yang harus dicapai dalam periode waktu tertentu untuk mengukur perkembangan bisnis. 

4.     Mengikuti Kelas dan Workshop Bisnis

Terkadang kita memiliki keinginan untuk memulai suatu bisnis tetapi selalu terhambat karena kita merasa takut. Ada banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut seperti kurangnya pemahaman atas industri, pasar, atau bahkan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam memulai bisnis yang mengakibatkan kurangnya kepercayaan diri untuk memulai suatu bisnis.

Menghadiri berbagai kelas dan workshop tentang startup akan membantu kita untuk belajar lebih dalam dan mendapatkan inspirasi dari para pendahulu yang telah berhasil menjalankan bisnisnya.

DBS BusinessClass dapat menjadi salah satu program pilihan yang dapat diikuti bagi kita yang akan dan baru memulai bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Polisi Tangkap MDF, Pembuat Video Parodi Lagu Indonesia Raya

JAKARTA-Bareskrim Polri menangkap MDF selaku terduga pemilik akun YouTube MY ASEAN
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk

GOTO Fokuskan Operasional Pada Strategi Efisiensi

JAKARTA-PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) akan lebih terkonsentrasi pada