Mendag: Harga Sembako Harus Terjangkau Masyarakat

Thursday 25 Jun 2015, 8 : 07 pm
by

JAKARTA-Menteri Perdagangan (Mendag), Rachmat Gobel kembali memastikan bahwa harga bahan pokok harus terjangkau oleh masyarakat berpenghasilan rendah. Penegasan ini diungkapkan Mendag saat membuka “Pasar Murah” yang digelar Kementerian Perdagangan di Halaman Parkir Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (25/6). “Pasar murah ini merupakan komitmen Kemendag dalam menyediakan berbagai bahan kebutuhan pokok baik pangan maupun sandang dengan harga yang terjangkau masyarakat berpenghasilan rendah,” tegasnya.

Kementerian Perdagangan kembali menggelar pasar murah pada tahun ini di area parkir kantor Kementerian Perdagangan yang berlangsung mulai 25 Juni-10 Juli 2015. Sama seperti tahun sebelumnya, pasar murah kali ini juga diadakan sebagai bentuk kepedulian Kemendag pada masyarakat lingkungan sekitar kementerian. Pasar murah akan membantu meringankan beban masyarakat, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhan pokok, baik pangan maupun sandang, terutama selama puasa dan menyambut Idul Fitri 1436 H.

Mendag Rachmat menuturkan pasar murah seperti ini akan mendekatkan produsen kepada konsumen sekaligus memotong jalur distribusi. “Pasar murah menjadi ajang bagi para pengusaha kecil menengah untuk mempromosikan produk-produknya,” tegasnya.

Beberapa komoditas pangan pokok yang dijual dalam Pasar Murah, antara lain beras yang disediakan oleh Bulog dan PIBC dengan harga murah hanya sebesar Rp8.500/kg (kualitas medium) dan Rp9.500 (kualitas premium). Juga minyak goreng yang disediakan oleh lima produsen, dengan harga berkisar antara Rp9.000-Rp10.000/liter. Harga daging ayam disediakan oleh GPPU dengan harga sangat terjangkau Rp28.000/kg. Sementara harga telur ayam yang dipasok oleh PINSAR Indonesia dijual seharga Rp18.500/kg.

Harga produk daging sapi yang disediakan oleh APPHI, PD. Dharma Jaya, Aspedata, dan Artha Graha peduli dijual dengan harga berkisar Rp70.000-Rp 90.000/kg. Di samping itu, dijual pula paket sembako yang disediakan oleh peritel dengan potongan harga hingga 50% di bawah harga pasar.

Komitmen untuk menstabilisasi harga hingga terjangkau oleh masyarakat luas juga dilaksanakan di seluruh Indonesia. Bersama Dinas Perdagangan Provinsi, Kabupaten dan Kota, pasar murah diselenggarakan di 216 lokasi di 34 provinsi. “Kemendag bersama Dinas Perindag seluruh Indonesia akan terus melakukan upaya untuk menjaga kelancaran distribusi barang kebutuhan pokok bagi masyarakat, yang salah satunya melalui penyelenggaraan pasar murah,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Mendag juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan pasar murah, baik di pusat maupun di daerah. ”Dengan kerja sama dan niat yang baik, kami yakin kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari menjelang puasa dan Lebaran,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

DPRD Kabupaten Bogor Belajar Pelayanan Publik di Masa Pandemi

BEKASI-Komisi 1 DPRD Kabupaten Bogor melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah
kondisi stabilitas sistem keuangan berdasarkan data September 2021 masih terjaga, dengan kinerja yang terus bertumbuh positif tercermin dari pertumbuhan kredit dan penghimpunan dana di pasar modal

OJK dan Kejagung Bakal Likuidasi Emiten Zombie

JAKARTA-Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (DATUN) Kejaksaan