Menperin Canangkan Gerakan Beli Tomat Lokal

Monday 17 Aug 2015, 8 : 07 pm
by

JAKARTA-Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mencanangkan gerakan beli tomat lokal dari petani oleh pejabat dan karyawan di linkungan Kemenperin.Sebanyak 2 ton tomat segar dijual langsung oleh petani di halaman gedung Kemenperin. Inisiasi ini sebagai bentuk kepedulian terhadap petani tomat yang sedang mengalami kerugian karena harga jual yang anjlok hingga Rp500 per kilogram untuk tomat sayur dan Rp 1700 per kilogram untuk tomat buah.
Harga tomat dalam penjualan langsung di Kemenperin berkisar antara Rp 4.000 – 5.000 per kilogram, disesuaikan dengan harga tomat yang berlaku di pasar-pasar induk.“Saya mengharapkan, kegiatan bazaar tomat ini dapat segera menstabilkan harga tomat sehingga membantu kesejahteraan para petaninya,” kata Menperin.
Di samping itu, Pemerintah melalui beberapa kementerian terkait juga sudah berkoordinasi dalam rangka mengambil langkah-langkah strategis untuk membantu petani agar harga tomat dapat membaik kembali. Langkah jangka pendek adalah penjualan tomat secara langsung dalam bentuk bazaar.
Dukungan dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), juga akan dilakukan dengan penjualan tomat di halaman supermarket atau hipermarket. Saat ini Pemerintah telah memfasilitasi penjualan tomat oleh petani secara langsung di 12 kantor kementerian.
Selanjutnya, langkah jangka menengah adalah meminta industri makanan dan minuman untuk melakukan komitmen kerjasama dengan membeli tomat dari petani. Upaya ini telah masuk pada tahap pembahasan bersama ABC, Wings dan Indofood. Perusahaan-perusahaan tersebut akan membeli tomat dalam bentuk pasta untuk substitusi bahan baku pasta tomat yang selama ini diimpor. Langkah ini juga akan mengembangkan industri pengolahan bahan baku yang dapat menghasilkan pasta.
Sedangkan, langkah jangka panjang adalah rencana pembuatan pabrik pasta tomat dengan standar mutu yang berkualitas dan harga bersaing dengan pasta impor. Oleh karena itu, diharapkan stakeholder terkait dapat duduk bersama untuk mengatasi permasalahan petani, industri serta rantai distribusinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Babak Baru Bisnis Kecerdasan Buatan: Agen Virtual Lakukan Lima Ratus Ribu Panggilan Perhari

JAKARTA-Memasuki babak baru di era pandemi, kinerja bisnis di industri

LPCK Bidik Marketing Sales di 2021 Sebesar Rp1,4 Triliun

JAKARTA-PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) menargetkan marketing sales di sepanjang