Mensesneg: Anggaran Didedikasikan Untuk Rakyat

Monday 27 Oct 2014, 9 : 12 pm
by
Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno

JAKARTA – Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyampaikan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar para menteri Kabinet Kerja yang dilantik bekerja secara efektif dan efisien sejak hari pertama bertugas, tidak menunda-nunda dan langsung tancap gas.

Presiden juga menegaskan agar duplikasi-duplikasi anggaran lintas kementerian harus disederhanakan, karena ini merupakan komitmen dari Kabinet Kerja untuk bekerja demi rakyat.

“Tidak memboroskan anggaran, karena anggaran kita dedikasikan untuk rakyat,” kata Pratikno dalam Konferensi Pers seusai Sidang Kabinet Paripurna perdana, di kantor Presiden, Jakarta, Senin (27/10).

Untuk kementerian baru, terutama Kementerian Maritim, menurut Mensesneg, negara mendukung segala infrastruktur yang ada, baik itu infrastruktur fisik dan juga SDM, tanpa perlu dilakukan penambahan SDM baru ataupun pembangunan gedung baru.

Baca juga :  Utang Indonesia Kritis: Skema Ponzi?

Sedangkan untuk kementerian yang punya nomenklatur baru dan merupakan penggabungan atau pemisahan, lanjut Mensesneg, dapat memanfaatkan organisasi-organisasi yang sudah ada.

“Jadi bisa saja nanti dalam organisasi transisi, di bulan-bulan awal tidak akan melakukan pembenahan secara besar-besaran, yang penting bisa langsung kerja duluan,” tambah Pratikno.

Presiden juga meminta laporan secepatnya dari setiap Menteri Koordinator, karena masing-masing harus segera mengundang para menteri yang menjadi anggotanya agar segera menajamkan program-program yang sudah diarahkan oleh presiden.

“Tidak ada lagi visi-misi dari masing-masing Kementerian, yang ada adalah program operasional menteri. Karena visi misi merupakan visi misi presiden,” jelas Pratikno.

Ia menyebutkan, cara bekerja pemerintah adalah lintas sektoral. Isu yang harus dipecahkan itu dibahas secara tuntas dalam kebijakan yang tuntas lintas sektor secara komperehensif. Sehingga diharapkan tidak ada lagi ego sektoral.

Baca juga :  Jatim Butuh Dana Rp 1 Triliun Untuk Membeli Sapi Perah

Fokus Pembangunan

Pada sektor pangan, maritim, dan energi, Presiden Jokowi meminta untuk secepatnya dilakukan pembangunan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Sektor Industri Masih Jadi Andalan PDB Nasional

JAKARTA-Sektor industri masih memberikan kontribusi terbesar pada struktur Produk Domestik

Ingatkan Pemda, DPD: Jangan Bikin Perda Melanggar UU

JAKARTA-Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mendesak seluruh anggota DPD RI