Menteri Erick: BUMN, Lokomotif Penjaga Daya Saing Indonesia

Friday 15 Apr 2022, 9 : 37 pm
by
Erick Thohir Pastikan Dukungan BUMN dalam Penanganan Pandemi
Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir

JAKARTA-Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diharapkan bisa menjadi ekosistem lokomotif yang menjaga daya saing Indonesia dalam perekonomian global.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, dengan visi tersebut, pihaknya pun tidak melihat BUMN sebagai sapi perah pemerintah atau tempat untuk memperpanjang tangan birokrasi.

“Visi dari Kementerian BUMN itu, kita tidak melihat BUMN itu sebagai sapi perah ataupun tempat kita untuk memperpanjang birokrasi. Perusahaan BUMN ini menjadi ekosistem lokomotif yang bisa menjaga persaingan Indonesia di dunia,” ujar Menteri BUMN dalam laman akun media sosial (medsos) miliknya pada Jumat (15/4/2022).

Menurutnya BUMN harus terus menjaga amanah dan membentuk ekosistem yang bisa bermanfaat, dan diandalkan oleh masyarakat Indonesia.

Oleh karenanya Menteri Erick akan memastikan BUMN dapat menjelankan perannya sebagai salah satu agen pembangunan bangsa, diantaranya dengan melakukan intervensi jika terjadi ketidakseimbangan pasar.

“Karena memang selayaknya kita harus bisa mengintervensi ketika tidak terjadi keseimbangan (pasar),” imbuhnya.

Menteri Erick juga membuat dua catatan target pada 2022, yang mewujudkan peran BUMN dalam perekonomian nasional.

Pertama adalah BUMN diharapkan menjadi kementerian pertama yang menjalankan pemerintahan digital (e-government), dengan berpatokan pada nilai inti (core value) AKHLAK, yang merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Kolaboratif, Adaptif, dan Loyal.

Core value akhlak kita sekarang dipakai oleh berbagai kementerian,” katanya.

Sedangkan yang kedua adalah Pekan Olah Raga dan Seni (Porseni) BUMN diharapkan kembali berjalan pada 2022.

Porseni dinilai penting untuk mendukung eksistensi kesenian dan budaya nasional sekaligus menjaga kebugaran dan mendorong daya juang (fighting spirit) jajaran pegawai BUMN.

“Jangan kita menjadi negara maju tetapi melupakan kebudayaan kita dan olah raga ini menyatukan kebersamaan kita juga dan mendorong yang namanya fighting spirit,” pungkasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pemerintah Segera Pulihkan Industri Pariwisata Banten

JAKARTA–Menteri Pariwisata Arief Yahya menerapkan tiga strategi pemulihan sumber daya

Perkuat Struktur Modal, JAST Siap Rights Issue 406,81 Juta Saham

JAKARTA-PT Jasnita Telekomindo Tbk (JAST) berencana melakukan Penambahan Modal dengan