Menteri Johnny Apresiasi Perusahaan Teknologi Metaverse Anak Bangsa Mendunia

Friday 6 May 2022, 12 : 00 pm
by
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate

JAKARTA-Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengapresiasi kiprah dan keberhasilan perusahaan teknologi besutan anak negeri yang mendunia, WIR Group.

Perusahaan ini telah melaksanakan Initial Public Offering (IPO) dan mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia (BEI) beberapa waktu lalu.

WIR Group menjadi perusahaan teknologi metaverse pertama di Asia Tenggara yang Go Public.

Perusahaan ini dikatakan Menkominfo telah menunjukkan kemampuan dan potensi Indonesia di bidang teknologi digital kepada dunia.

“Melalui berbagai proyek metaverse yang berhasil dikerjakan di luar negeri serta berbagai penghargaan internasional yang diperoleh, WIR Group telah menunjukkan kepada dunia mengenai kemampuan dan potensi Indonesi di bidang teknologi digital dan kreatif,” ungkap Menteri Johnny melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (5/5/2022).

“Selain itu, kami juga melihat WIR Group sejak awal membangun Metaverse Indonesia mendesain platform-nya dengan basis kearifan lokal dan nilai-nilai luhur bangsa sehingga tidak menduplikasi metaverse versi negara lain,” jelasnya.

WIR Group melalui PT WIR Asia Tbk telah mencatatkan sahamnya di BEI dengan kode “WIRG”.

Sambutan pasar pun positif, tercermin dari banyaknya pemesanan terhadap saham perdana dan pergerakan harga saham yang terus menguat sejak diperdagangkan di bursa.

“Ini menunjukkan bahwa investor menilai WIR Group memiliki fundamental yang kuat serta menyadari berbagai potensi bisnis yang dapat dikembangkan melalui metaverse karena masyarakat makin menyadari pentingnya mengadopsi teknologi tinggi,” ujarnya.

Menurutnya, Kementerian Kominfo selama ini, berupaya mendorong dan memberikan dukungan serta bimbingan terhadap berbagai perusahaan teknologi, maupun perusahaan unicorn dan startup lainnya.

Upaya tersebut dilakukan untuk memastikan masyarakat pada umumnya, termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat memanfaatkan metaverse untuk pengembangan kapabilitas dan kapasitasnya.

Menkominfo menilai pembangunan Metaverse Indonesia oleh WIR Group merupakan kontribusi anak bangsa untuk memastikan agenda transformasi digital berjalan secara masif dan menempatkan peran Indonesia dalam kancah web 3.0 dan dunia internasional.

“Untuk itu perlu dikembangkan literasi metaverse agar masyarakat memahami secara jelas pengertian metaverse, bukan hanya mengenai Virtual Reality (VR) semata atau Non-fungible tokens (NFT) saja. Juga diperlukan pengembangan human capital dan infrastrukturnya pun harus harmonis dan sejalan dengan pengembangan teknologi digitalisasi,” papar Menteri Johnny.

Virtual Reality atau realitas maya merupakan sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut.

Sedangkan Non-fungible tokens (NFT) adalah aset digital yang mewakili objek dunia nyata seperti seni, musik, item dalam game, dan video.

Aset tersebut dibeli dan dijual secara online, seringkali dengan cryptocurrency, dan umumnya dikodekan dengan perangkat lunak dasar yang sama dengan banyaknya cryptos.

Sementara itu Direktur Utama PT WIR Asia Tbk, Michael Budi Wirjatmo, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah melalui Kementerian Kominfo yang telah mendukung berbagai upaya pengembangan teknologi yang berbasis pada augmented reality (AR), virtual reality (VR) dan artificial intelligence (AI).

“Dukungan penuh dari Pemerintah selama ini telah memberi kami keleluasaaan untuk mengembangkan dan masuk ke berbagai sektor, terutama untuk mewujudkan hadirnya teknologi metaverse secara pesat di Indonesia, melalui berbagai ekosistem yang akan memperkaya platform metaverse ini,” ujarnya.

Hingga kini WIR Group telah menjalin kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai sektor industri, pendidikan, bisnis dan UMKM dalam pengembangan teknologi metaverse.

“Kami juga berharap upaya ini dapat mendukung percepatan penerapan ekonomi digital yang direncanakan Pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat. Kami akan melanjutkan kepercayaan tersebut dengan terus mengembangkan inovasi untuk memberikan solusi teknologi bagi beragam sektor,” ungkap Michael Budi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BPS: Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II-2016 Capai 5,18%

JAKARTA-Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka pertumbuhan ekonomi pada triwulan

Hadapi Pencucian Uang, Presiden Minta BI dan OJK Dilibatkan

JAKARTA-Indonesia ditengarai sebagai surga bagi pencucian uang. Untuk itu, keterlibatan