META Siap Beli 40% Saham JSMR di Tol MBZ Senilai Rp4,39 Triliun

Friday 2 Sep 2022, 3 : 40 pm
by
PT Nusantara Infrastructure Tbk

JAKARTA-PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) melalui anak usahanya, PT Margautama Nusantara berencana membeli 40 persen kepemilikan PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) di Jalan Tol MBZ Sheikh Mohamed  Bin Zayed yang dikelola PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek, dengan nilai transaksi mencapai Rp4,39 triliun.

Berdasarkan keterbukaan informasi META yang dikutip Kamis (1/9), pada rencana transaksi tersebut akan Margautama Nusantara akan membeli sebanyak 2.265.778 saham atau sebesar 40 persen dari keseluruhan saham Jasamarga Jalanlayang Cikampek yang dimiliki JSMR.

Saat ini Margautama Nusantara dan JSMR sedang dalam proses pemenuhan persyaratan pendahuluan, dengan target pelaksanaan rencana transaksi pada 10 Oktober 2022.

“Nilai transaksi yang harus dibayar oleh Margautama Nusantara kepada JSMR sebanyak-banyaknya Rp4,39 triliun”.

Menurut keterangan manajemen META, setelah pelaksanaan transaksi tersebut proforma aset perseroan per 30 Juni 2022 menjadi Rp10,96 triliun, dengan total liabilitas menjadi Rp7,53 triliun.

“Perseroan yakin bahwa pelaksanaan rencana transaksi tidak akan memberikan dampak negatif yang fapat mempengaruhi kegiatan usaha dan pertumbuhan perseroan secara material, karena saat ini META memiliki modal kerja dan arus kas yang memadai untuk menjalankan kegiatan operasional,” tulis manajemen META.

Sebelum melaksanakan transaksi pembelian Jalan Tol MBZ, META akan terlebih dahulu meminta persetujuan para pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB).

Adapun sumber dana untuk melakukan transaksi tersebut akan diperoleh dari pinjaman bank dan/atau bentuk lainnya yang akan ditentukan kemudian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Presiden Instruksikan Panglima TNI dan Kapolri Kawal Implementasi PPKM Mikro

JAKARTA-Presiden RI Joko Widodo kembali menginstruksikan jajarannya untuk mengoptimalkan implementasi

Anak Usaha HUMI dan MOL Dirikan Perusahaan Patungan di Bidang Penyediaan Awak Kapal Khusus LNG

JAKARTA-PT MCS Internasional (MCSI), anak usaha PT Humpuss Maritim Internasional