MK Tolak Gugatan UU MD3, 2 Hakim Sampaikan Dissenting Opinion

Monday 29 Sep 2014, 8 : 18 pm
by

 JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) menolak untuk seluruhnya permohonan uji materi (judicial review) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPD, DPR dan DPRD (UU MD3) yang diajukan oleh PDI Perjuangan.

MK menilai UU MD3 tidak bertentangan dengan UUD 1945 dan uji materi UU MD3 pemohon tidak beralasan menurut hukum.

Namun putusan MK ini tidak bulat karena dua orang hakim MK mengajukan Dissenting Opinion atau berbeda pendapat.

“Menolak permohonan para pemohon untuk seluruhnya,” kata Ketua Majelis sidang Hamdan Zoelvadi ruang sidang pleno Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (29/9).

Dalam pertimbangan, hakim menilai pemilihan ketua lembaga itu merupakan hak dan kewenangan dari anggota DPR. Sebab, UUD 1945 tidak mengatur secara langsung pemilihan pimpinan lembaga.

Baca juga :  Warga Tangsel Terinfeksi Covid-19 Naik 100%

Sebagaimana diketahui, pasal yang digugat dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3) ini terutama pasal 84 ayat 1 UUD MD3 yang isinya pimpinan DPR terdiri atas 1 orang dan empat orang wakil ketua yang dipilih dari dan oleh anggota DPR.

Selain itu, pasal lain yang digugat yaitu pasal 97, pasal 104, pasal 109, pasal 115, pasal 121, dan pasal 152 yang isinya tentang posisi perempuan untuk mengisi jabatan strategis di DPR diantaranya, Badan Legislasi, Badan Anggaran, BKSAP, Mahkamah Kehormatan Dewan, dan BURT.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Beli Gas Masela, PLN Terus Tingkatkan Pemanfaatan Energi Bersih

JAKARTA-PT Pupuk Indonesia dan PT PLN (Persero) berkomitmen untuk membeli

Laba Bersih ELSA di 2021 Anjlok Jadi Rp108,74 Miliar

JAKARTA-Kendati di sepanjang 2021 jumlah pendapatan PT Elnusa Tbk (ELSA)