MPMX Divestasi Saham Anak Usaha ke Carro Senilai Rp783,78 Miliar

Monday 6 Jun 2022, 7 : 28 pm
by
PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk

JAKARTA-PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) melaporkan, perseroan telah melakukan penjualan aset berupa saham anak usahanya PT Mitra Pinasthika Mustika Rent sebanyak 5.189.645.854 lembar kepada perusahaan asal Singapura, Trusty Cars Pte Ltd (Carro).

Berdasarkan keterbukaan informasi MPMX yang dikutip Senin (6/6), jumlah saham divestasi tersebut mewakili 49,9997 persen dari modal ditempatkan dan disetor MPMR, yang dijual MPMX kepada Carro.

Transaksi ini tidak bersifat material seperti dimaksud dalam POJK 17/2020 yang memenuhi kategori lebih dari 50 persen ekuitas MPMX.

“Nilai penjualan saham MPMX kepada Carro sebesar USD53,76 juta atau setara Rp783,78 miliar. Penentuan nilai transaksi tersebut berdasarkan penilaian dan pendapat kewajaran dari KJPP yang ditunjuk oleh direksi perseroan,” demikian disampaikan oleh Manajemen MPMX.

MPMX menilai, dengan bergabungnya Carro, maka akan menciptakan pertumbuhan lebih lanjut dan unlocking value bisnis MPMR, karena perusahaan asal Singapura ini sebagai salah satu pemimpin ekosistem pasar online otomotif mobil bekas.

“Perseroan percaya, transaksi ini saling menguntungkan, karena menciptakan sinergi dan potensi pertumbuhan yang kuat di bawah kemitraan baru untuk memenangkan pasar penyewaan kendaraan dan penjualan kendaraan bekas di Indonesia melalui jalur lelang dan ritel, baik online maupun offline,” papar manajemen MPMX.

Pasca transaksi dengan Carro, maka saat ini MPMX bukan lagi sebagai pengendali MPMR dan perseroan tidak akan mengonsolidasikan laporan keuangan MPMR.

Pendapatan dan laba/rugi bersih sejak 1 Januari 2022 hingga tanggal transaksi (31 Mei 2022) tidak akan dicatat ke dalam hasil usaha operasi yang dilanjutkan, namun diakui sebagai bagian dari Laba/Rugi Neto dari Operasi yang Dihentikan.

MPMX hanya akan mengakui bagian laba/rugi dari hasil usaha MPMR sesuai persentase kepemilikan dalam pos ‘Bagian atas Laba/Rugi Entitas Asosiasi”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ini Pesan Dari Film Cinta Tapi Cinta: Ganjar & Atikoh Teladan Generasi Muda Tentang Arti Ketulusan

JAKARTA-Masa tenang jelang pencoblosan Pilpres 2024, Eight Senses Film bersama

Suara Dari Kampus: Kekuasaan Dekat Dengan Banditisme

JAKARTA-Demokrasi Indonesia tengah dirusak oleh elit. Seorang figure jika telah