MS Hidayat Terima Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana

Rabu 13 Agu 2014, 4 : 59 pm
by

JAKARTA – Menteri Perindustrian Mohamad S Hidayat menerima Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana yang diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/8).

Bintang Mahaputera Adipradana merupakan tanda kehormatan yang diberikan Presiden kepada seseorang yang dinilai mempunyai jasa yang besar terhadap bangsa dan Negara Indonesia.

Sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, yang menyatakan beberapa syarat khusus untuk menerima Bintang  Mahaputera, antara lain berjasa luar biasa di berbagai bidang yang bermanfaat bagi kemajuan, kesejahteraan, dan kemakmuran bangsa dan negara.

Selain itu, penerima penghargaan tersebut dinilai karena memiliki pengabdian dan  pengorbanan di bidang sosial, politik, ekonomi, hukum, budaya, ilmu pengetahuan, teknologi, serta bidang lain yang memberi manfaat besar bagi bangsa dan negara.

Selain itu, darmabakti dan jasa yang bersangkutan diakui secara luas di tingkat nasional maupun internasional.

Selain Mohamad S Hidayat, Bintang Mahaputera Adipradana juga diberikan kepada 37 tokoh nasional lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden memberikan penghargaan Bintang Mahaputera Utama, Bintang Mahaputera Nararya, Bintang Jasa Utama, dan Bintang Jasa Nararya.

Untuk diketahui, Mohamad S Hidayat merupakan sosok Menteri yang mampu memberikan inspirasi bagi berbagai pihak yang menjadi salah satu prasyarat diperolehnya Men’s Obsession Awards 2014 dengan kategori “Most Inspirational Minister”.

Alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran Bandung ini dinilai tepat mengisi pos Kementerian Perindustrian karena sektor industri telah memberikan kontribusi cukup besar terhadap PDB nasional dibandingkan sektor-sektor lainnya.

Di era kepemimpinannya ia mampu membangkitkan sektor industri setelah mengalami penurunan pertumbuhan tahun 2009 pada angka 2,5% dan mengalami peningkatan tajam menjadi 6,74% pada 2011.

Pria kelahiran Jombang ini juga memiliki visi untuk membawa Indonesia menjadi negara industri tangguh.

Pengalaman Mohamad S Hidayat yang sejak duduk di bangku kuliah sudah bergelut dengan dunia bisnis, kemudian menjadi Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia – Jawa Barat 1980-1983, dan tahun 1985 – 1993 terpilih sebagai Ketua Kadin Jawa Barat, menjadikan pria yang memiliki enam anak ini melengkapi kematangannya dalam berorganisasi.

Selain itu, Mohamad S Hidayat juga pernah menjadi Ketua Umum Real Estate Indonesia tahun 1989-1992.

Anggota Dewan Pertimbangan Partai Golkar ini juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia selama dua periode, yaitu Periode I 2004 – 2009 dan Periode II tahun 2009 – 2014.

Namun dalam memimpin Kadin Indonesia periode kedua hanya dijalani selama dua tahun, karena Mohamad S Hidayat diangkat menjadi Menteri Perindustrian oleh Presiden SBY dalam Kabinet Indonesia Bersatu II.

Prestasi lain yang monumental adalah sebagai ketua tim perunding mewakili Pemerintah Indonesia, dan Mohamad S Hidayat berhasil mengambil alih saham PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dari Jepang ke tangan Pemerintah Indonesia.

Mohamad S HIdayat juga berperan besar dalam menarik masuknya investasi di sektor industri secara signifikan.

Dalam kurun waktu menjadi Menteri Perindustrian, Mohamad S Hidayat juga berhasil menyelesaikan penyusunan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian, sebagai payung hukum dan menjadi pedoman bagi pemerintah, dunia usaha dan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan sektor industri.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

TPN Ganjar-Mahfud Ungkap Intimidasi Keluarga Aiman: Surat Panggilan Polisi Diantar Tengah Malam, Di Luar Batas Kewajaran

JAKARTA-Direktorat Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD menyesalkan

Banyak Penimbun Migor, Satgas Pangan Jangan Ragu Tangkap Mafia Pangan

JAKARTA-Banyaknya kasus penimbunan minyak goreng (Migor) di sejumlah daerah makin