Mudah Kembangkan Keuangan Dengan Rekening Valas

Ilustrasi

JAKARTA-Saat ini, dunia telah memasuki era adaptasi kebiasaan baru atau new normal. Akan tetapi tantangan ekonomi kerap menghantui banyak negara, termasuk Indonesia.

Mengelola keuangan secara efektif seyogyanya menjadi strategi jitu dalam mencapai kestabilan ekonomi di segala situasi.

Salah satu strategi yang penting untuk diterapkan adalah tidak menaruh aset hanya dalam satu keranjang, melainkan membaginya ke berbagai tempat.

Diversifikasi investasi bisa dilakukan dengan mengalokasikan sejumlah dana ke instrumen berbeda dan mata uang berbeda, salah satunya menyimpan dana di rekening valuta asing (valas).

Hal tersebut dilakukan untuk memanfaatkan peluang yang tersedia dengan keleluasaan untuk tetap berpegang pada prinsip kehati-hatian.

Berdasarkan analisa tim DBS dan data dari Bloomberg Finance saat pasar keuangan global mengalami guncangan pada kuartal pertama di tahun 2020 akibat wabah Covid-19.

Baca :  Selama Masa PSBB, Transaksi Digital Digibank by DBS Naik 75%

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terkoreksi lebih dari 30% di bulan Maret lalu akibat kepanikan investor terhadap penyebaran virus Covid-19 di seluruh dunia.

Alhasil, sebagian besar harga saham di Bursa Efek Indonesia tumbang. Namun dolar Amerika Serikat justru menguat lebih dari 15% dibanding rupiah dalam periode yang sama. Bagi masyarakat yang saat itu memiliki simpanan dalam dolar AS, tentu sangat diuntungkan.

Oleh sebab itu, menabung valas atau menyimpan dana dalam mata uang berdenominasi asing ke dalam sebuah rekening menjadi opsi yang menarik.

Kendati demikian, perlu diingat bahwa pembelian valas lantas tidak dapat dilakukan dengan gegabah. Risiko dapat diminimalisir dengan menabung valas melalui bank atau lembaga keuangan resmi yang aman dan terpercaya.

Baca :  Wawali Tangsel Mengaku Tak Punya Rekening Valas

Memahami kebutuhan ini, digibank by DBS baru-baru ini meluncurkan fitur terbarunya bernama ‘Rekening Valas’, yang memungkinkan nasabah untuk mengelola tabungan valas dengan 10 mata uang berbeda melalui aplikasi dalam genggaman.