Natuna Berperan Besar Bagi Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Sunday 24 Sep 2023, 10 : 07 am
by
Natuna
Pulau Natuna

JAKARTA– Indonesia yang dikenal dengan julukan sebagai negara maritim karena hampir 70 persen merupakan wilayah perairan merayakan Hari Maritim Nasional setiap tahunnya tepat pada tanggal 23 September.

Pada tahun ini, Hari Maritim Nasional mengangkat tema “Layar Terkembang Menuju Indonesia Maju”.

Hari ini, Indonesia merayakan Hari Maritim Nasional dengan mengangkat tema “Layar Terkembang Menuju Indonesia Maju”.

Sebagai negara kepulauan yang bergantung pada lingkungan laut, penting bagi masyarakat Indonesia untuk mengenali upaya konservasi dan kedaulatan yang dilakukan di seluruh negeri, khususnya di Kepulauan Natuna.

Natuna sebagai perbatasan paling utara Indonesia yang terletak di Kepulauan Riau memiliki peluang besar dalam hal ekonomi yang mencakup perikanan, sumber daya alam, konservasi lingkungan, dan ekowisata.

Belum lagi, kini Natuna menjadi taman bermain favorit yang berkembang pesat bagi para yachter, terlebih lagi sejak Indonesia melonggarkan peraturan masuknya kapal-kapal pesiar untuk berlayar di laut Indonesia.

Wakil Bupati Kepulauan Natuna, Rodhial Huda, mengatakan, posisi Natuna sangat penting bagi pengembangan wilayah nasional.

Selain itu, Natuna memiliki peran yang cukup besar dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan memiliki sumber daya alam yang besar dan memiliki lokasi yang strategis.

“Hal ini menjadikan Natuna sebagai pintu gerbang bagi kawasan Asia Tenggara,” jelasnya.

Selain sebagai salah satu jalur pelayaran dan penangkapan ikan tersibuk di dunia, Laut Natuna Utara menyumbang hingga 10% dari permintaan konsumsi makanan laut global.

Hal ini membuktikan betapa besarnya potensi sumber daya perikanan Natuna yang didukung dengan lokasi geografis dan kondisi oseanografi yang sangat baik.

Untuk menjaga keberagaman ekosistem lautnya, para pelaut yang menjalankan kegiatannya di wilayah Natuna, diwajibkan untuk menerapkan praktik penangkapan ikan yang bertanggung jawab.

Misalnya, melakukan budidaya berkelanjutan ikan Napoleon dengan kapasitas ekspor yang diizinkan hingga 30.000 kilogram dengan harapan dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Natuna sekaligus menjaga keberlanjutan lingkungan laut.

Meskipun lokasinya jauh dari daratan utama, Natuna sering mengadakan berbagai festival tahunan yang menjadikannya destinasi ekowisata impian.

Beberapa contohnya adalah Festival Pulau Senua yang menampilkan rangkaian perlombaan, seperti lomba renang dan sampan layar, voli pantai, kuliner, tarik tambang, fashion show, balap karung, diving, hingga storytelling.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Denda Terhadap Kartel Perlu Dinaikan Rp1 Triliun

JAKARTA-Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Muhammad Syarkawi Rauf mendorong

Utang Luar Negeri Agustus 2015 Tercatat USD303,2 Miliar

JAKARTA – Posisi Utang Luar Negeri (ULN) pada Agustus 2015 tercatat