Neraca Perdagangan Surplus USD 2,33 Miliar

Wednesday 16 Sep 2020, 2 : 20 pm
by

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat Neraca perdagangan Indonesia Agustus 2020 kembali mencatat surplus yakni 2,33 miliar dolar AS, setelah pada bulan sebelumnya mencatat surplus 3,24 miliar dolar AS.

Dengan perkembangan tersebut, secara keseluruhan neraca perdagangan Indonesia pada Januari-Agustus 2020 mencatat surplus 11,05 miliar dolar AS, meningkat signifikan dari capaian pada periode yang sama tahun sebelumnya yang mengalami defisit 2,06 miliar dolar AS.

BI memandang surplus neraca perdagangan tersebut berkontribusi positif dalam menjaga ketahanan eksternal perekonomian Indonesia.

“Ke depan, BI terus memperkuat sinergi kebijakan dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk meningkatkan ketahanan eksternal, termasuk prospek kinerja neraca perdagangan,” ujar Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko di Jakarta, Selas (15/9).

Surplus neraca perdagangan Agustus 2020 dipengaruhi oleh kembali surplusnya neraca perdagangan nonmigas dan meningkatnya defisit neraca perdagangan migas.

Neraca perdagangan nonmigas Agustus 2020 mencatat surplus 2,67 miliar dolar AS, sedikit menurun dibandingkan dengan surplus pada bulan sebelumya sebesar 3,52 miliar dolar AS.

Perkembangan ini dipengaruhi tetap terjaganya ekspor nonmigas, terutama pada komoditas besi dan baja, logam mulia serta lemak dan minyak hewan/nabati.

Sementara itu, impor nonmigas khususnya pada kelompok barang konsumsi dan bahan baku, meningkat, sejalan mulai membaiknya aktivitas ekonomi pascarelaksasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Adapun neraca perdagangan migas masih mengalami defisit, yakni sebesar 0,34 miliar dolar AS, dipengaruhi oleh penurunan ekspor migas, terutama komoditas hasil minyak,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Garuda Indonesia Bantah Rekayasa Lapkeu

JAKARTA-PT Garuda Indonesia Tbk membantah hasil pemeriksaan Kementrian Keuangan (Kemenkeu)

Entitas Usaha MPMX Siap Terbitkan MTN Senilai Rp150 Miliar

JAKARTA-Perusahaan terafiliasi PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX), yakni PT