OJK Luncurkan Road Map Tata Kelola Perusahaan Indonesia

Tuesday 4 Feb 2014, 4 : 42 pm
by

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan Peta Arah Tata Kelola Perusahaan Indonesia (Road Map Good Corporate Governance) khusus untuk Emiten dan Perusahaan Publik. Peta Arah Tata Kelola Perusahaan ini disusun bersama seluruh pemangku kepentingan Tata Kelola Perusahaan di Indonesia, didukung oleh International Financial Corporation (IFC), anak perusahaan dari Bank Dunia. “Kehadiran GCG Roadmap ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi utama dalam melakukan perbaikan praktik dan regulasi tata kelola yang baik bagi perusahaan di Indonesia secara komprehensif, khususnya untuk Emiten dan Perusahaan Publik”, ujar Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad di Jakarta, Selasa (4/2).

Merujuk kepada peran Indonesia di kawasan ASEAN, Roadmap ini nantinya akan turut memberikan kontribusi positif dalam rangka meningkatkan tata kelola perusahaan yang baik, agar setidaknya sejajar dengan tata kelola perusahaan di kawasan ASEAN, guna menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di tahun 2015.

Menurut Hadad, roadmap ini disusun untuk memberikan gambaran secara menyeluruh atas berbagai aspek tata kelola perusahaan yang perlu ditingkatkan, yaitu Kerangka Tata Kelola Perusahaan, Perlindungan Pemegang Saham, Peranan Pemangku Kepentingan, Transparansi Informasi, serta Peran dan Tanggung Jawab Dewan Komisaris dan Direksi. Penyusunan Roadmap ini pun menggunakan referensi utama dan merujuk kepada standar internasional terkait praktik tata kelola perusahaan yang baik.

Indonesia telah belajar dari pengalaman saat terjadinya krisis keuangan global di tahun 1998 dan 2008, yang menunjukkan tata kelola perusahaan sangatlah penting. Implementasi praktik tata kelola perusahaan yang lemah telah diidentifikasi sebagai salahsatu penyebab terjadinya krisis keuangan global dimaksud. Dalam kaitan tersebut, peningkatan implementasi praktik tata kelola perusahaan pada Emiten dan Perusahaan Publik di Indonesia saat ini menjadi prioritas utama. Roadmap ini hadir sebagai sarana dalam rangka mewujudkan prioritas tersebut.

OJK dan IFC telah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas penerapan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG) pada perusahaan-perusahaan di Indonesia, khususnya yang bergerak di sektor jasa keuangan melalui penandatanganan perjanjian kerjasama (Cooperation Agreement/CA) pada tanggal 17 Juni 2013. “OJK menyadari bahwa kontribusi dari semua pemangku kepentingan tata kelola perusahaan di Indonesia sangat penting dalam mencapai tujuan Road Map tersebut. Terkait hal tersebut, OJK telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Tata Kelola Perusahaan (Corporate Governance Task Force/CGTF), yang secara khusus memiliki tugas mengembangkan “Corporate Governance Road Map”, bersama dengan IFC,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pengusaha Asal Makassar Somasi, Tagih Sisa Utang 100 Miliar Lebih Kepada Mertua Menpora Dito

JAKARTA-Pengusaha asal Makassar, Sulawesi Selatan, Annar S Sampetoding mensomai seorang

Ekonomi Digital Indonesia Diproyeksi Capai Rp4.531 Triliun di 2030

JAKARTA-Ekonomi digital Indonesia diproyeksi mencapai Rp4.531 triliun atau tumbuh hingga