Pasar Produk Organik Terbuka, Sisi Hulu Perlu Penguatan

Monday 1 Nov 2021, 2 : 37 pm
by
Produk organik telah diketahui secara luas memiliki keunggulan dibanding produk pertanian dengan metode konvensional
Webinar KOPITU dan Propaktani 1/11

JAKARTA-Produk organik telah diketahui secara luas memiliki keunggulan dibanding produk pertanian dengan metode konvensional.

Selain itu, lahan pertanian organik memiliki daya tahan yang lebih kuat terhadap perubahan iklim dikarenakan adaptifitas yang tinggi.

Melalui Webinar KOPITU dan Propaktani 1/11, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi menyampaikan pentingnya pengembangan pertanian organik beserta supply chain yang termasuk di dalamnya.

“Beberapa tahun ke depan diramalkan akan ada perubahan Iklim. Berdasarkan pertemuan Pak Mentan di event G20 kemarin, banyak negara yang sudah mulai mempersiapkan hal ini, dan kita juga tidak boleh ketinggalan,” tutur Suwandi.

Di samping Dirjen Suwandi, event tersebut juga turut dihadiri oleh Ketua Umum KOPITU Yoyok Pitoyo, Maya Melati dari Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian IPB, dan Atase Pertanian KBRI Washington Hari Edi Soekirno.

“Untuk ekosistem sendiri pasar sudah terbentuk baik ekspor maupun lokal. Yang masih perlu kita tingkatkan adalah di sisi hulu, seperti pembiayaan untuk sertifikasi lahan organik yang juga tidak murah. Untuk sertifikasi itu juga tidak hanya perlu pembiayaan, tapi pendampingan karena aspeknya yang banyak dan prosesnya juga tidak mudah. Para stakeholder harus berperan serta aktif untuk pengembangan poktan organik,” ungkap Yoyok.

Dalam penjelasan teknis yang disampaikan Maya Melati, diterangkan bahwa lahan pertanian organik tidak hanya harus memenuhi kriteria pada saat budidaya, namun riwayat lahan juga menentukan kesesuaian lahan tersebut untuk disertifikasi.

“Bahkan termasuk air yang digunakan tidak boleh sembarangan, ketika lahan di sekitar menggunakan sistem konvensional dengan bahan kimia, maka sebaiknya diberikan sistem penyaringan dulu untuk airnya,”tambahnya.

“Kalau terkait pasar, di Amerika orang sudah paham tentang gaya hidup sehat sehingga antusiasnya sangat baik. Mereka bukan lagi terpaku pada rasa karena mereka sudah biasa hidup sehat. Makanya saya harap dengan kesempatan ini Indonesia bisa meningkatkan eksportasi produk pertanian organik,” ungkap Hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

LPEI Siap Beri Penjaminan Bagi Calon Investor di Kawasan Mandalika

JAKARTA-Guna dapat berkontribusi lebih besar terhadap perolehan devisa negara, Lembaga

Said Abdullah: Puan Maharani Selalu Bersikap Ramah Kepada Rakyat

JAKARTA-Politisi senior PDI Perjuangan Said Abdullah memberi klarifikasi soal video