PDI-P Pastikan Tak Usung Mantu Jokowi di Pilkada Sumut

Sunday 7 Apr 2024, 9 : 08 pm
Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristyanto

JAKARTA -Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-Perjuangan) memastikan tidak akan mengusung Wali Kota Medan, Bobby Nasution dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Utara (Sumut) pada November 2024.

Soalnya, menantu Presiden Jokowi ini sudah diusung Partai Golkar.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-PerjuanganHasto Kristiyanto usai ditanya soal Bobby yang direkomendasikan oleh Partai Golkar untuk maju dalam Pilkada Sumut 2024.

Menurut Hasto, menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu sudah tidak memiliki garis politik yang sama dengan PDI-P. “Ya tentu saja (tidak diusung). Karena garis politiknya sudah berbeda,” kata Hasto ditemui di kawasan SCBD, Jakarta, Minggu (7/4/2024).

Hasto lantas mengatakan, PDI-Perjuangan sudah melakukan pemetaan dalam menjaring sosok-sosok potensial untuk maju dalam Pilkada di berbagai wilayah.

Namun, dia tidak membeberkan nama-namanya.

Termasuk, yang akan diusung untuk Pilkada di Sumut

“Kami sudah melakukan pemetaan politik. Kami melihat karakter dari masyarakat Sumatera Utara yg sangat kritis,” ujar Hasto.

Hasto menyatakan, karakter masyarakat di Sumatera Utara yang sangat egaliter, memberikan dampak berbeda pada pencalonan Bobby.

Menurut Hasto, masyarakat Sumatera Utara bisa saja tidak memilih Bobby di Pilkada nanti.

“Mereka masyarakat Sumatera Utara itu sangat egaliter. Sehingga hanya dengan dukungan kekuasaan, itu tidak menjadi jaminan,” kata politikus asal Yogyakarta ini.

Hasto lantas menyarankan sosok-sosok yang ingin maju dalam Pilkada Sumatera Utara dan butuh dukungan PDI Perjuangan untuk segera mendatangi kantor DPD maupun DPP partai.

Menurut dia, partai banteng moncong putih terbuka kepada siapa pun tokoh yang ingin berkontestasi pada Pilkada 2024.

“Maka, PDI Perjuangan melakukan penjaringan secara terbuka dari bawah. Bagi yang tertarik untuk menjadi gubernur atau wakil gubernur, dari PDI Perjuangan, silahkan mendaftar baik di kantor DPD PDI Perjuangan Sumut maupun ke DPP Partai,” ujar Hasto.

Diberitakan sebelumnya, Bobby Nasution direkomendasikan oleh Partai Golkar untuk maju dalam Pilkada Sumatera Utara 2024.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily saat menjelaskan tentang kehadiran Bobby dalam acara pengarahan untuk bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di markas DPP Partai Golkar, Jakarta Barat pada Sabtu, 6 April 2024.

Menurut Ace, para tokoh yang hadir dalam acara pengarahan kemarin adalah mereka yang sudah direkomendasikan maju sebagai calon kepala daerah.

“Figur yang hadir saat ini memang mereka yang telah direkomendasikan untuk menjadi calon kepala daerah karena setelah ini akan melalui proses survei yang pertama pada bulan yang akan datang. Melihat sejauh mana peta kekuatan dari masing masing figur yang sekarang hadir,” kata Ace.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Presiden Jokowi Janji, Kawal Proses Pengampunan Pajak

JAKARTA-Presiden Joko Widodo berjanji akan terus mengawal proses pengampunan pajak
Batik Air

Batik Air Resmikan Penerbangan Perdana Denpasar ke Labuan Bajo

DENPASAR-Batik Air (Kode Penerbangan ID) member of Lion Air Group