Pemangkasan Peringkat Utang Ganggu Investasi

Friday 3 May 2013, 8 : 34 pm
by

JAKARTA-Pengamat ekonomi Ec-Think Indonesia, Telisa Aulia Feliyanti mengatakan pemangkasan peringkat utang Indonesia dari positif menjadi stabil versi Standard and Poor’s (S&P)  terjadi akibat ketidakjelasan kebijakan pemerintah dalam mengambil langkah mengurangi subsidi. Jika persoalan BBM bersubsidi ini berlarut-larut maka bisa berdampak negatif terhadap perekonomian Indonesia. “Kalau dibandingkan dengan Filipina yang mendapat kenaikan peringkat menjadi investment grade, jelas perekonomian Indonesia lebih baik. Potensi ekonomi kita besar. Namun momentum merealisasikan potensi itu terlewat karena kebijakan BBM yang tidak jelas” kata dia.

Menurut dia, tunurunya outlook utang RI juga disebabkan  perekonomian Indonesia masih sangat tergantung kepada komoditas. Akibatnya perekonomian sangat tergantung pada fluktuasi harga komoditas di pasar dunia. “Padahal seharusnya ekonomi Indonesia sudah lebih didominasi sektor manufaktur,” kata dia.

Baca juga :  Survei Konsumen April 2018 : Optimisme Konsumen Menguat

Kendati demikian, dia menilai pengaruh penurunan prospek utang ini tidak terlalu besar berpengaruh  bagi masuknya investasi ke Indonesia. “Penurunan investasi pasti ada, tetapi tidak terlalu besar,” jelas dia.

Namun yang dikhawatirkan kata dia, jika lembaga pemeringkat lain, Moody’s dan Fitch Rating, mengikuti jejak S & P. “Biasanya sesama lembaga rating itu saling mempengaruhi,” pungkas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Inflasi Mei 2019 Disumbang Kelompok Pengeluaran

JAKARTA-Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka inflasi Mei 2019 sebesar

TPN Ganjar-Mahfud Desak KPU segera Audit Sirekap, Libatkan Pakar TI Independen

JAKARTA – Tim Kampanye Nasional (TPN) Ganjar Mahfud mendesak Komisi