Pemerintah Beri Ruang dan Dorong Wirausaha Muda

Sunday 7 Aug 2022, 12 : 52 pm
by
Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menjadi narasumber pada acara Ngobrol Bareng Pengusaha Muda Jambi yang berlangsung di Café Rumah Kito, Jambi, Sabtu (6 Agt). Acara ini digelar oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jambi.

JAMBI-Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga menekankan, para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) turut berkontribusi menjadi fondasi bagi perekonomian nasional.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berupaya memberikan ruang dan mendorong pelaku UMKM, khususnya wirausaha muda untuk mengembangkan usahanya.

Demikian diungkapkan Wamendag Jerry dalam gelar wicara yang digelar Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jambi di Café Rumah Kito, Jambi, pada hari ini, Sabtu (6/8).

Turut hadir sebagai narasumber pengusaha muda Jambi Budi Setiawan.

“Kami berharap generasi muda terus maju. Pemerintah terus mengusung keberpihakan dalam mengembangkan ekosistem yang kondusif untuk UMKM, khususnya untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Melalui kebijakan dan/atau peraturan, pemerintah memberikan ruang serta mendorong pengembangan UMKM dan pelaku usaha muda,” urai Wamendag dalam paparannya.

Wamendag menambahkan, Undang-Undang Cipta Kerja dan produk turunannya merupakan bentuk keberpihakan kepada UMKM.

Salah satu manfaatnya adalah memberikan kemudahan perizinan bagi UMKM.

Dari sisi permodalan, berbagai stimulus diberikan agar UMKM mampu bertahan dan kembali bangkit.

Menurutnya, UMKM memiliki peran strategis dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal itu terlihat dari kontribusi UMKM terhadap PDB Indonesia yang terus meningkat.

Data dari Kementerian Koperasi dan UKM menyebutkan, jumlah UMKM saat ini mencapai 65 juta unit dan memberikan kontribusi 97 persen terhadap penyerapan tenaga kerja dan 61 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional.

Dia merinci berbagai peluang dan tantangan yang dapat dimanfaatkan untuk membangun bisnis yaitu:

Pertama, penduduk dunia pada 2045 akan didominasi kelas pendapatan menengah (middle income class) yang diproyeksi sebanyak 8,1 miliar jiwa.

Kelompok inilah yang berdaya beli cukup kuat sehingga menjadi segmen pasar yang potensial.

Kedua, kecerdasan artifisial (artificial intelligent/AI) dan biotech akan menjadi faktor kunci masa depan.

Penguasa teknologi akan menjadi terdepan karena penggunaan AI dan biotech terbukti dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Ketiga, perdagangan internasional diperkirakan akan meningkat 3,4 persen.

Hal itu berarti peluang perdagangan antarnegara tetap tumbuh.

Keempat, 66 ersen warga dunia diperkirakan melakukan mobilisasi atau perpindahan dari satu kota atau negara ke kota atau negara lainnya sehingga potensi bisnis perjalanan akan sangat besar.

“Isu perubahan iklim juga dapat dieksplorasi. Dunia sedang mencari produk yang ramah lingkungan dan aman untuk konsumen. Sebagai contoh, selain permintaan akan produk-produk organik maupun produk ramah lingkungan. Saat ini, juga tengah berkembang isu perdagangan karbon yang dapat menjadi tantangan sekaligus peluang,” tambahnya.

Dia juga memaparkan berbagai dukungan Kementerian Perdagangan bagi UMKM yakni:

Pertama, Kemendag berkomitmen meningkatkan kapasitas pelaku UMKM dengan menggelar bimbingan teknis pengembangan produk dan bimbingan teknis kewirausahaan.

Kedua, menyediakan sarana dan iklim berusaha dengan perbaikan dan digitalisasi warung.

Ketiga, memperluas akses pemasaran, seperti menjalin kemitraan dengan lokapasar daring (online marketplace), ritel modern, dan perhotelan; menggelar pameran produk UMKM; dan menghelat UKM Pangan Award.

“Pemerintah berupaya menjaring produk pangan terbaik sebagai penghargaan pemerintah kepada UKM yang bergerak di bidang pangan yang telah menciptakan inovasi produk dan memperkenalkan potensi produk unggulan daerah yang berkualitas dan berdaya saing. Tahun ini, UKM Pangan Award telah diselenggarakan dan telah mencapai penjurian tahap kedua sebagai penilaian tahap akhir produk UMKM,” ujarnya.

Wamendag menambahkan, Kemendag juga mengkampanyekan secara masif Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Puncak Gernas BBI telah diselenggarakan pada 20–22 Mei 2022 lalu di Kepulauan Bangka Belitung.

“Gernas BBI diharapkan dapat meningkatkan jumlah UMKM, termasuk pelaku usaha ekonomi kreatif, yang masuk dalam ekosistem ekonomi digital dan meningkatkan jumlah penjualan atau transaksi pembelian produk lokal,” tuturnya.

Lanjut Wamendag, BBI juga dapat meningkatkan daya beli masyarakat, memperluas akses pasar, akses permodalan, pelatihan, dan pendataan, serta mempercepat siklus ekonomi lokal.

Pada 2023 mendatang, Gernas BBI menargetkan mendigitalisasi 30 juta pelaku UKM yang telah bergabung atau melakukan pendaftaran dan melakukan transaksi penjualan melalui lokapasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

IHSG Potensi Ditutup Turun

JAKARTA-Jelang Good Friday pekan silam, indeks AS masih mampu ditutup

Jokowi Diminta Berani Tegur Menko Puan

JAKARTA-Presiden Jokowi diminta berani menegur Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan