Pemerintah Buka Peluang Impor Hortikultura

Tuesday 3 Jun 2014, 1 : 15 pm
by

JAKARTA-Pemerintah membuka peluang dilakukannya impor hortikultura guna memenuhi peningkatan kebutuhan masyarakat dan mengantisipasi lonjakan kenaikan harga yang berlebihan, pada bulan Ramadhan atau sekitar Juni-Juli 2014. “Kita akan lihat sejauh mana sensitifitasnya. Tugas negara itu menyeimbangkan petaninya harus tetap hidupnya sejahtera dan konsumennya tidak diberatkan. Jadi kita tidak otomatis harga naik kita akan impor mungkin juga ada harga naik kita tidak perlu impor kita lihat situasinya,” kata Menko Perekonomian Chairul Tanjung di kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Senin (2/6).

Menurut CT, panggilan akrab Chairul Tanjung, pemerintah akan terus memonitor secara detail pergerakan harga-harga bahan pangan, agar tidak ada kenaikan harga yang berlebihan. “Biasanya menjelang puasa dan Lebaran pasti akan terjadi kenaikan harga tetapi yang perlu kita jaga peningkatan harga itu tidak keterlaluan. Di sinilah fungsi kita,” tuturnya.

Baca juga :  Bangun Solidaritas, Artha Graha Beri BLT dan Sembako Atasi Dampak Kenaikan Harga BBM

Menko Perekonomian itu mengaku telah memerintahkan Menteri Pertanian untuk mengontrol secara ketat dari sisi supplay dan Menteri Perdagangan mengontrol dari sisi supplay chain dan demand. “Hari Rabu (4/6) kita akan terima hasil pemantauan harga-harga bahan pangan dari Badan Pusat Statistik (BPS), kemudian kita akan rakor lagi terkait masalah pangan,” ungkap CT.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah seorang jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

PT. BNP Paribas Asset Management dan Citi Indonesia Dukung Perekonomian Perempuan

JAKARTA-PT. BNP Paribas Asset Management (PT. BNP Paribas AM) bagian

Setara Institute Kecam Perusakan ke-141 Masjid Ahmadiyah

JAKARTA-Ketua Setara Institute,  Hendardi mengecam perusakan masjid milik jemaat Ahmadiyah